Sunday, January 26, 2014

Wedding day 2, Munggah & Mandi Simburan

we're sooo proud of South Sumatra traditional clothes!!

apa itu?
jadi ini sebenernya acara adat palembang yang sudah mulai, well, bukan ditinggalkan sih, cuma diper-simpel aja sama orang sekarang, which my mom doesnt like. jadilah anaknya dibikinin yang "aseli".
zaman dulu, nikahan adat palembang itu bisa 3 hari 3 malem, belum masuk pengajiannya, jadi ada pengajian, akad, munggah, resepsi, sama mandi simburan. untunglah mandi simburan aku digabungin sama munggah, jadi berkurang satu kali acara. kalo ga, di hong kong kami numpang tidur aja deh, tepaaaaaar. ini aja tepar pake banget.

sabtu itu paginya munggah, jadi acaranya dimulai dengan aku ke ko siung buat dandan.
ini penting diceritain,,hihi. aku kesalon jam 6.30 (kesiangan, iya banget) dijemput revi dr rumah, dan dianterin ke ko siung,
kenapa ga kokonya kerumah? karena dr paketnya emang 1x aku yang kesana, kalo aku mau kokonya kerumah, tambah lagi berapa juta gitu. aku pikir, toh acarany juga santai dan dirumah, jadi ga masalah juga kalo aku kesana pagi, terus pulang. pake baju sama penganggon (sunting2an adat palembang) & baju gede nya toh emang dirumah juga.
kenapa bisa revi yang anter? karena dia ga dateng jumat kemarin pas akad, dan dia jadi merasa bersalah, jadi mau nemenin deh. hihi. kebeneran banget.
mama sama ayu ? mereka make up dirumah sama mbak sulis.
sampe ko siung, jengf jeng, ternyata dia lagi make up in pengantin lain yang udah dateng lebih duluan. arggh!! ini yang ga aku antisipasi! harusnya dateng lebih pagi akunya T-T
alhasil jam 9 baru sampe rumah lagi. dan kena semprot semua orang terutama si ibu yang masangin baju gedenya. :(

mama pilih baju gede yang nomer 1, yang intannya beneran intan jaman baheula, dan perunggu nya bukan imitasi.
kata mama sih keliatan banget bedanya, and she want everything best for me, jadi biarpun harganya berkali lipat, dan aku udah bilang, yang biasa ajaaa,, toh cuma aku sendiri yang bakalan pake aesan gede gitu di rumah, jadi ga akan ada yang tau itu nomer 1 ato nomer 2, bukan nomer 100 juga, mama tetep mau yang itu. yasudahlah. nurut aja.

pokoknya, makin deket hari H, semua keinginan aku kayak memudar gitu, lebih nurut, dan terserah aja. kepala rasanya udah ga bisa mikir lagi and i was like, "apapuuuunnnn!! KUA aja pun jadi, cepetlaaaah selesaaaiiii,,mau liburaaaan". jadi, yagitu, nurut aja.

itu baju makenya rempong, sampe tante sumber nya juga ikutan masangin baju. kalo dipikir2, aku udah beberapa kali pake aesan palembang pas nari dulu, cuma kan ga selengkap baju GEDE buat nikahan ini, tapi at least, i've tried. nyatanya, ga guna tuh pengalamannya, tetep aja,, bzzzz.
sampe dibagian kepala, karena buru2, kayaknya suntingannya dipasang narik narik rambut asli aku deh. sakit. T-T. ga seesai2 cabut, lepas, pasang ulang itu sunting2 yang banyak banget. mana gede banget. sampe akhirnya aku nyerah dan membiarkan kepala tetep sakit karena udah ga sempet lagi dan ga tau lagi bagian mana yang sebenernya nusuk dan narik rambut. kayaknya sanggul pandan yang pertama kali dipasang penyebabnya, dan ngulang satu itu berarti ngulang semua dari awal. udahlah. cuma ngomong sama diri sendiri,"bertahan cha! you can do it!"

ditengah aku lagi rempong itu, sekitar 9.30, orang2 pada ribut, si suami belom juga nongol! padahal rencana acara jam 10 dan dia masih harus dipakein baju gede juga! jadilah aku harus nelfonin dulu, untungnya dia bilang udh mau berangkat, tadi lagi nunggu orang2. lupa pula ngasih tau kalo harusnya dia duluan aja. pagi yang hectic. bzz.
HUGE tenda by green decoration. tinggi banget dan tiangnya dikit.
setelah kami berdua siap. sumpah itu kepala beratnya amit amit! daripagi hujan ga juga berhenti, jadi harus tunggu agak reda, dan acarapun dimulai:
1. Khataman Al-Quran
pelaminan buat khatam Quran by Sumber Karya
acara dimulai dengan aku khataman Al-Quran. bukan baru baca Al-Quran dari juz 1sampe 30. ini cuma aku baca juz amma aja ditengah orang2, di pelaminan kecil dalem rumah yang emang dibuat khusus buat khataman Al-Quran aku.
ceritanya dapet kado dari mama dan ibu habis khataman 
2. Arak- Arakan
gaya naga terbang ? 

pencak silat & terbangan dari kejauhan memecah kesunyian pagi itu, tanda suami saya dengan pakaian gede palembang dan rombongannya segera menuju rumah. dengan membawa seluruh anter-anteran (serah2an) yang sudah dibungkus cantik di kotak2 warna pink muda yang unyuuuuuuuuuuuu banget sama seeokr ayam hidup.
aaaa si ganteng. btw, ini yang pegang tombak sama payung ganteng2 yak, sepupu saya loh, ga jomblo tapi. haha
makin jelas bunyi bunyian dari rebana dan pencak silat, jantung aku mulai ga santai lagi. untung para dayang-dayang siap sedia menemani, lumayan ngurangin stress, dan disuapin makan segala. Ya Allah, kayaknya temenan udah 7tahun lebih, baru sekali kemarin disuapin mereka. haha. maacih yaak. i lop yu sapi sapi betina :*

lanjut nanti ya, mau ada "sanjo penganten" di kampung papa, 3-4 ulu sono. jadi penganten nya harus siap2.
LESSON: pakailah baju adat palembang, minimal pak sangko dan gandik jika anda diundang dalam acara "NYANJOKE PENGANTEN" sebagai sang pengantin. INGET!









sekapur sirih? ini buat apa ya?




 3. Kandang Adat

kandang adat menghadang sang pangeran *tsah*
 Jadi sesampainya didepan rumah aku, suami ga boleh langsung masuk nemuin istrinya. Banyak banget ritual yang harus dia lalui, yang paling awal, namanya, kandang adat. Songket dibentang sama tante2 cantik ( tante irma dan tante heni) tanda sang suami belum boleh seenaknya masuk kedalam rumah. ada perwakilan dari keluarga aku dan keluarga suami yang harus bales balesan pantun dulu buat tau maksud dan tujuan kedatangan mereka.


tante leti pegang bunga yang akad dikalungkan mama ke suamiku, bude pegang tempat ponjen
 Setelah tau maksud dan tujuannya, keluarga mempelai laki-laki harus menuangkan uang logam secara smbolis ketempat ponjen yang sudah disiapkan. Kayak simbolis pemberian uang asep gitu.


Kalo Sudah deal, kandang adat dilepas, dan mama ngalungin bunga melati tanda maksud dan tujuan direstui.

happy banget mom, dapet mantu

nyai ngelempar beras kunyit. gantian yang! emang enak! :p

mama papa dan si ayang happy faces
4. Meniti jembatan Songket
kandang adat yang tadi dibuat penghalang, sekarang dijadiin alat untuk membawa sang pangeran menemui pujaan hatinya, yang sudah menunggu dengan rock and roll ( udah ga degdegan parah lagi soalnya) dikamar. didalem rumah ada jempbatan dari kain, bersama mama dan papaku, suami meniti jembatan itu, terus maju untuk menemuiku. *tsah romantisnyee*
meniti jembatan songket
5. Ketok Pintu
Sesampainya didepan kamar, ada ritual namanya "ketok pintu". ini isinya bales balesan pantun antara wakil keluargaku yang ada didalam kamar, sama wakil dari suami. intinya sih sama, bahas apa maksud dan tujuan "ngetok" pintu kamar ini


peace yow!

dan mujawaroh (kudung putih2 itu) dibuka, the groom met the bride again!!
 6. Ngasih dan Ngunyah sirih
anggep aja enak.
Dari belakang,suami kasih daun sirih ke aku. aku ga boleh nengok dan liat apa yang dia kasih. Diambil dari bawah selipan tangan, langsung digigit dan dikunyah. (and it taste HORRIBLE actually), tapi karena suami yang kasih, jadi manis gimana gitu. ngek. boong banget. hihi. 
filosofinya, ini adalah pemberian pertama suami kepada istrinya, tidak boleh dinilai besar kecil, manis pahitnya, tapi ini adalah nafkah pertama yang akan memulai nafkah nafkah berikutnya kelak. simbol bahwa suami, harus memberi istrinya nafkah, walaupun seiprit. Dan si istri harus menerima dengan senang dan lapang dada yang seiprit itu. 

7. Keliling pasar

berdua mutermuter
sebagai simbol bahwa pernikahan ini kami umumkan kesemua orang. ada ritual 3x muter muter ini, (sumpah aneh banget sebenernya, and with that ULTRAMASSIVE head acessories, this was wayyy from FUN). tandanya, kami sudah kasih tau seisi pasar (?) kalau kami sama sama sudah tidak single, dan aku miliknya dan dia MILIKKU. mihihi.
masih untung ga disusruh beneran keliling pasar, 16...

8. Sungkeman


 Sebenernya pas akad udah sungkeman, tapi ntah kenapa sungkeman hari ini lebih terasa beraaatnya. pas dipeluk papa, aku sampe ga bisa lagi nahan air mata.jadilah aku, mama dan papa berlinang air mata. hutang jasa banyaaaaaaaaak banget sama mama papa, dan ga akan mungkin bisa aku bales, bahkan seperseribunya. salut, sabar banget ngadepin anak manja, cerewet, moody,  kayak aku ini. i love you both mom,dad.

9. Serah terima Hantaran & Pemapak

my pinky boxes. LOVE LOVE!
Jadi anteranterannya tadi cuma disusun aja di ruang tengah, belum secara simbolis diterima. nah, setelah selesai sungkeman, tiba waktunya mama, papa, ayah, ibu turun kebawah buat serah terima hantaran (serah-serahan) secara simbolis. 
Enaknya nikahin cewek Palembang, si cowok bukannya cuma ngasih barang, terus ga dikasih apa2. Adat kami mengenal ada yang namanya "Pemapak".
pemapak buat suamiku, dipilih sama mama dan aku
emang sih ga sebanyak hantaran dari pihak suami jumlahnya, tapi believe me, mom put her taste! isinya ada god suits made in his size, piyama, sajadah, kopiah, sarung, tajung sutera, kemeja-kemeja, pakaian dalem, sepatu dan sendal, cukup buat beberapa hari nginep rumah tanpa ambil baju. 

10. Cacap Suap
pelaminan dan kapal untuk cacap suap yang sangat mewah by Sumber Karya
 Dan akhirnya setelah acara yang detail banget ini, sepasang pengantin ini jalan juga ke pelaminan. sengaja bikin di depan rumah, nutupin jalan orang satu kompleks, biar lega. biar ga panas dan sumuk.
Lanjut acara cacap-cacapan dan suap-suapan. ini acara pasti ada disemua acara nikahan palembang. lumrah banget. Biasanaya, yang mau simpel, cuma ini acara adat yang masih bersisa dinikahan mereka. so mainstream, sangat ga mama dan aku, LOL. jadi ga usah dibahas panjang lebar. intinya, tetua cewek suap ketan kuning ayam, sementara tetua cowok men"cacap" kepala pengantin dengan air bunga-bungaan. Artinya? mungkin suapan dan mandiian terakhir mereka buat kami, tanda kami sudah menjadi dewasa yang sempurna dimata mereka, siap menyuapi dan memandikan diri kami sendiri. (mungkin)

suap-suapan oleh para tetua wanita

cacap cacapan oleh para tetua pria
Katanya, pas duduk di perahu, siapa yang duduk pertama akan lebih nurut dari yang duduk terakhiran. jadi sama tante udah diwanti wanti, "cha, jangan langsung duduk, angkat dikit pantanya, pura2 benerin baju, baru duduk, biar menang". apalah coba. tapi tetep aku jalanin. haha. yang, i was the winner! (harus liat video acara buat pembuktian kemenangan)

11. Timbang Adat
teken lagi kali ya biar kadonya lebih banyak?
ini juga unik banget dan udah jarang dipake. jadi timbangan adat dideketin ke perahu, aku sama suami naroh tangan kami di satu sisi timbangan, dan satu sisinya lagi diisi kado dari keluarga suami buat menyeimbangkan timbangan ini. pas udah hampir kado terakhir, buat nyeimbangin timbangan, kami bahkan ga naro kedua tangan sama sekali. haha.

12. Mandi Simburan
Setelah selesai timbangan, acaranya cuma doa, makan, sambil salaman dan nyanyi2. daaan penyanyinya dua seksi abis, pasahal om muhdi udah bilang mau jilbabin penyanyinya. grrrr. untung suaranya enak, yasudahlah. noone care except me. setelah selesai, aku sama suami ke kamar buat ganti baju buat mandi, sambil makan siang buru-buru. aku disuapin ayaaang. udah mau pingsan waktu itu rasanya, kepala sakiiit banget, asmef ga mempan! generik apa ya?? tapi disuapin ayaang sambil aku buka aesan kepala dan ganti baju, makanannya jadi enak pake bangeetngetnget.
psst, si ayang semept semeptnya solat zuhur ditengah hirukpikuk ini, this is why i love him dear God, thank you.
air mandi simburan masih di dalem gentong
siap dimandiin, psst aku pake daleman manset ya itu.
ini juga banyak ritual detailnya, ga kalah sama munggah, tapi aku bahas sekalian aja ya. pictures show words kan. again, oleh para tetua, cewek dan cowok, muka dan badan (well badan ayang doang sih) kami dipoletin pake masker beras kunyit sesuatu, sampe kayak topeng monyet.

my only grandma put some maskcream
Trus kami juga disebur sembur pake air bunga. belum disiram, cuma disembursemburin aja.

seneng amat dek mukanya
Setelah disemburin, baru deh disiram beeneran pake centong melati.

Selesai beberapa tetua ngelakuin ritual itu, udah disiapin daun pandan (mungkin) coklat yang udah dipilin sedemikian rupa. kami diminta untuk pegang kedua ujungnya, dengan mulut penuh berisi air minum. Sekuat tenaga, kami harus tarik pandan itu, sambil nyemburin air ke muka pasangan ke jalinan daun. Siapa dapet lebih banyak, dia yang menang.
mulut muncung karena penuh air

ayang menang!!
Iya, si ayang menang, padahal aku mau menang. tapi ga apalah, semoga sesuai dengan filosofinya. yang menang akan menghasilkan uang yang lebih banyak daripada yang kalah, nantinya. that's  how an ideal home suppose to have, a dad with higher salary that mom.

focus on how FAB ko siung's make up. ga ilang kena siram. he used MUFE
Dannnn kegilaan dumulai! semua orang mulai saling siram! tante tante ternyata udah nyimpen kantong kecil kecil isi air yang siap nimpuk muka siapa aja yang keliaan. udah ga tau lagi siapa keluarga siapa. everyone isnt safe from water explosion!! RUUUUUUUUNNNN!!!

chaos
dapet ember dari mana wok??

ini om satu susaaah banget basahinnya

rawwrrrs mom got you!

semua pose happy setelah puas main air!

Rasanya pengen upload semua foto yang ada, tapi ga mau ah, konsumsi pribadi. hehe. got lotsss of FUN that day. seruuuuuuuu banget bagian main airnya, dan acara sore itupun berakhir dengan mandi bareng suami buat pertama kalinya. *blushblush*
(detail are not a public consumption and better be sealed unspoken)
HAHA

Turun kebawah udah rapi dan cantik lagi bareng suami, malah dapet kabar ga enak, ipad boni ilang dikamar ayu. T--T im so sorry bonceeeeeeel, huhu. jadi ga enak banget. sumpah. udah sampe lapor polisi segala waktu itu, tapi tetep aja ga ada hasilnya. anyway, tomorrow is her BIG day! goodluck my dearest boncel!! you're gonna love this wifey club!

malemnya ada ganbusan, jam 8 malem sampe jam 12. tapi fotonya di hape, kapan2 kalo sempet dan minat, aku upload. si suami pake acara diangkat2 gitu sama para orang ayib nya. lucu deh.

8 comments:

  1. bedeeeuuhhhh
    SERU banget!!!!
    asli ga tau ada "tambahan adat" ginian di palembang :D
    asik tuh yg siram aer.
    hahaha

    tapi asli juga aye KETAWA pas bagian mutermuter dikamar.
    wakakaka :p :p :p
    ....adat padang juga ada sih yg arak-arak_an gitu.
    beneran keliling kampung.
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mama bukan orang padang, bisa teler aku keliling pasar ditengah panas matahari palembang. >.<

      Delete
  2. Kereennnz ihhh yah adat palembang.
    Aku juga nanti mau pake aesan gede buat resepsi.

    Salam kenal icha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya adat palembang keren loh. harus bangga kita. hihi

      Delete
  3. mbak mau tanya dong, utk adat2 yg kayak siraman, sama songket dibentang itu di sumber karya lengkap gak peralatannya? terus belajar dr mana adat gitu, dari mama ato dr sumber karya juga tau? makasi ya mohon dibales ya ke oktiaradwindah@gmail.com makasi mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. tante sumber lengkap dan paham banget nget nget kok. kalo udah sama dia, tenang aja. you choose the right hand. hehe

      Delete
  4. mb tapi aku jadi binggung, acara adat itu dilakukan setelah akad apa belum ? kalau misalnya Meniti jembatan Songket, Kandang Adat dll itu sesudah akad nikah ya? jadi akad nikahnya dilakukan sebelum acara acara itu,?kalau memang belum/sudah, kok gak disebutin diatas? mohon infonya yah, soalnya mau persiapan nih, makasi heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku kemaren sesudah akad, krn akadnya satu hari sebelumnya, tapi aku ga tau juga susunan acaranya jadi gimana kalau digabung sama akad nikah. hehe
      setauku, yang namanya "munggah" itu selalu setelah akad nikah sih, mungkin ya kandang adat sama jembatan dulu, trus akad, abis akad baru si cowok ketuk pintu kekamar pengantin jemput istrinya.

      Delete