Wednesday, July 29, 2015

French vanilla millè crepes recipe for mama bday

hai semua orang yang suka eskrim,,
kali ini aku janji postnya ga galau, hihi.
bolehlah sekali2 aku post another part of me, that is happy and loving and just as ordinary as any woman on earth. 
jadi gini, kemarin (28/07/2015) mamaku ultah yang ke 53. yeiiyyyy...
mama and her 3 kids
mamaku ga keliatan 53tahun kan ya? katanya gimana seorang wanita saat dia tua nanti bisa dilihat dari gimana ibunya sekarang. so i think me and my sister will be just as awesome as our mama later on. yeiyy!!

Selamat ulang tahun mama,
my living proof that a woman can be a specialist, a wife, and a mother of 3 and have it all set wonderful.
thanks for teaching us every single everything.
for teaching us that we can do just everything we want with your "KAMU BISA!" 
thank you for all the supports and cares and many gifts and fulfilled wishes (hihi). 

very pretty isnt it?
belum mau nulis resep kuenya ih. sabar ya. 
ini jadi ceritanya aku kan pernah bikin greentea mille crepes that is a total failure in taste but an okay in look, jadi penasaran pengen bikin lagi. trus kebeneran akhirnya nemu tempat beli whipping cream /heavy cream cair ukuran kecil, 100ml-250ml di PALEMBANG, jadi beliii deh. Buat yang cari, di foodmart Palembang Icon ada! Tadinya kan mau bikin buat lebaran, cuma males karena repot banget. bikin lasagna aja batal dan ganti macaroni schotel panggang, males repot puasa2. lemah dedek nih bang. :p

Pas bulan ini ada momen ultah mama, jadi tadaaaaa..
diskusi sama ayu, janjianlah kami mau bikin kue ini bareng. ayu bilang ga usah aneh2, vanilla original aja. okay.

Di poli (aku kerja di poli RS) udah sibuk banget googling cari resep yang oke karena tau resep greentea kemaren buang kelaut aja. eh sebenernya sape sekarang masih nyalahin whipcream bubuk murah yang bikin ga enak, sama ke sotoyan nambahin terigunya sih. only God knows lah apa yang bikin crepes kemaren failed. trus nyatet2 resepnya di kopian resep (dokternya ga modal ga punya notes) trus dengan santainya mama masuk poli dan dengan super santainya malah tante dokter satu lagi di poli bilang sama mama "tuh icha mau bikin kue loh, sibuk bener dari tadi". padahal udah bilang mama besok ultah makanya bikin kue. epic failed banget ga sih. haha.

btw akhirnya aku nemu resep yang cocok ini di azlitamasammanis.
mbak ita yang sangat baik hati bagi2 resepnya, dan ini sebenernya ada 3 resep, resep elaine's, resepnya cookpad sama resep mbak ita hasil modif keduanya. aku pilih resep mbak ita karena keliatannya beliau udah expert, trus kayaknya lidah malay cucok sama lidah indo kita *sotoy* dan kuenya cantik banget.

Pulang kerja sekitar jam 2, pas aku anter mama praktek dulu, trus lanjut ke toko kue deket rumah beli beberapa hal. sampe rumah mikirnya mau bikin dough nya dulu semua biar ayu dateng tinggal enak dadar dan kocok whipcream trus oles2. selesai semua, aku naik dengan dough buat crepes udah di kulkas, custard udah siap dipanci, tinggal dadar dan kocok whip cream, tapiiii ayu aliyah ga pulang2 karena tiba tiba dia ada bimbingan. si ayu lagi koas jiwa btw.
nunggu nunggu nunggu nunggu.
mama yang pulang!
panik panik panik.
sekitar jam 6 ayu baru pulang. otak kami berpikir keras gimanna caranya ini kue selesai.
pilihannya sih minggir kerumah om/tante, tunggu mama tidur, atau bikin mama pergi bentar. Trus inget punya sodara satu lagi, haha.
langsung telfon afif dimana, dan bilang rencananya. singkat cerita, afif ajak mama pergi beli kado sepupuku, kami berdua berantakin dapur, dan voila! the cake is done!

mikir kenapa cake kami custardnya ga seputih mbak ita sih, apa mungkin ayam palembang sama ayam malay telurnya beda? kuning gitu punya kita orang. apa karena si whipcream yang ntah kenapa abis ngembang dikit malah jadi ciut lagi, mungkin karena whip creamnya, tapi enaak sih.

Capcus keresep yang aku pake ya.  dan karena resep aslinya pake bahasa inggris dan malay. aku rewrite dalam bahasa indonesia biar mudah. semoga bisa di praktekin dan jadi ilmu yang bermanfaat untuk semuanya ^^


MILLE CREPE WITH VANILLA CREAM CUSTARD

untuk pan diameter 22cm, kemarin aku pake 1,5 resep biar jadinya tinggi.

CREPE
By : Elaine's

Bahan:
140gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
80 gr gula pasir
500 ml susu segar / susu cair
30 gr unsalted butter ~ dicairkan
4 butir kuning telur
sedikit garam
1 sdt esen vanilla/ 3/4 sdt vanili bubuk

Cara Memasak:
1. Ayak tepung terigu, maizena dan garam menjadi satu, masukkan 1/2 bagian susu kedalam ayakan, pastikan tidak menggumpal.
2. Satukan kuning telur, gula dan 1/2 sisa susu, aduk hingga tercampur sempurna.
3. Campur semua adonan, tambahkan mentega cair yang sudah agak dingin, tutup, simpan dalam kulkas +_ 30 menit.
4. Panaskan kuali anti lengket dengan api besar hingga panas, kecilkan api, oles sedikit minyak
5. Tuang 1 sendok adonan (aku pakai sendok kuah sayur) kedalam kuali, dadar dengan menggerakkan kuali memutar hingga rata. biarkan hingga bagian belakang crepes terlihat kering dan berwana kuning keemasan. (resep asli bilang tidak usah dibalik, tapi menurutku, akan lebih baik dibalik untuk hasil lebih crispy)
6. sisihkan di piring, selesaikan semua adonan lapis demi lapis. adonan tidak akan saling menempel jadi tumpuk saja. (aku memakai dua piring, jadi setiap heli crepes jadi, aku dingikan sebentar di satu piring sebelum ditumpuk dipirig lain)

VANILLA CREAM CUSTARD
aku pilih resep ini karena katanya rasanya mirip creampuffnya beard papa, dan setujuuu, resep ini enak.
By: Cookpad
Rujukan : Dailyclickclick

Bahan:
200 ml whipping cream (aku pakai 250ml anchor cream yang ga ngembang ntah kenapa)
450 ml susu segar / susu cair
2 sdm muncung tepung terigu
1 1/2 sdm tepung jagung/ maizena
85 gr gula pasir
4 butir kuning telur
2 sdm unsalted butter
1 sdt esen vanilla
sedikit garam

Cara Memasak:
1. Didihkan susu lalu angkat. Masukkan tepung terigu dan maizena dan garam yang sudah diayak, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan gula, aduk hingga gula larut.
2. Tambahkan kuning telur aduk kembali sambil dipanaskan dengan api sedang hingga meletup-letup dan tercampur rata. (tidak usah repot2 menyaring adonan karena kayaknya siasia, dia bakalan tetep gumpel)
3. Tambahkan butter, garam dan vanilla, aduk, pastikan tercampur sempurna.
4. Kocok whipping cream hingga kental (bukan mengembang), tuang kedalam custard, aduk rata.

a thousand layers cake
sudah selesai? belum dong. ini tricky partnya. and it all done by my sissy because i was busy making the crepes. dia nyatuin crepes disaat crepes masih hangat, jadi yes, no need to wait until it completely cold.

1. Letakkan crepes pada alas datar.
2. Lapisi dengan vanilla custard, lanjut dengan crepes, dan lapisan custard lagi hingga semua lapis tersusun rapi.
3. masukkan kulkas 3-5jam atau overnight sebelum dimakan
4. garnish as you like
5 VOILA! your beautiful cake is done!

ps. sebenernya aku pengen bikin garnish caramelized sugar gitu diatasnya, tapi karena ga punya proper cooking torch, kami coba pake cetekan api buat oven, dan failed, cetekannya malah rusak kemasukan gula. haha. anyway, happy trying guysss, and let me know if you try one.

happy bday mama!




No comments:

Post a Comment