Thursday, September 26, 2013

H-106 Ribetnya Desain Undangan

lebih suka dibilang si perfectionist daripada miss ribet.

bukannya ga mau menyederhanakan semua yang aku kerjain, aku cuma mau semua sesuai keinginan, kereeen, ga ada cela. i want everything to be PERFECT.
nah termasuk undangan dong.
undangan itu first impression kita terhadap suatu acara. kalo undangannya bagus, kita pasti lebih berminat dateng karena mikir "ini acara pasti keren, undangannya AJA keren". 
sebaliknya, kalo undangan cuma asal jadi, orang juga pasti mikir, "acaranya bakal biasa aja, ato bahkan norak, noh liat aja undangannya"

yak

DESAIN UNDANGAN PERNIKAHAN ITU PENTING!

semacem cover buku. dont judge a book by its cover itu cuma sekadar kata mutiara. mana ada orang yang beli buku yang covernya ga menarik bagi dia, kecuali dia udah dapet rekomendasi ato udah baca sinopsisnya, selain itu, COVER DOES MATTER. undangan itu cover buku nya suatu acara.

jadi pesen undangan nikahan juga ga bisa asal jadi aja. ga bisa "yang penting selesai". banyak yang harus dipikirin. kali ini aku mau bahas apa yang menurut aku penting buat dipikirin sebelum undangan kamu dicetak.

1. BUDGET
lagilagi, segala hal dimulai dengan mikirin berapa budget yang kita punya. inget, undangan bagus ga harus mahal, dan buat apa undangan lebih mahal dari souvenir? jadi kalo bisa, beli undangan dibawah harga suvenir kamu ntar. misal, budget buat undangan + suvenir 10.000, cari undangan (ato tawar mati-matian undangan yang kamu mau) yang harganya 3500 (udah sama ucapan terimakasih buat suvenir), dan cari suvenir yang harganya 6500. karena toh undangan ga mungkin orang simpen lama2, kalopun ada kalender, paling juga cuma setaun kan?

2. Cari percetakan
ini balik ke poin satu. cari yang sesuai budget. lebih enak kalo ketemu yang sesuai budget dikota kita sendiri, ga ribet. tapi aku udah banding2in harga, di palembang cetak undangan jauh lebih mahal daripada di pasar tebet jakarta, dan kebeneran keluarga aku punya langganan cetak undangan di tebet, jadilah aku cetak disana. harus sabar tapi,. pertama dateng aku kayak pick desain and color sama nego harga. jangan malu nawar! tawar ampe muraaaaaah banget! abis deal harga, semua urusan via email, bbm dan post, ini yang butuh kesabaran dan ketelitian extra. komunikasi yang dilakukan secara langsung 4 mata itu biar gimanapun lebih aman dengan less misunderstanding opportunity. ini aja udah revisi desain kesekian kali, belum juga deal akunya.

3. Desain Bentuk undangannya
paling enak kalo kamu udah punya satu desain yg sreg banget dan tinggal "oke, aku mau yang persis gini". masalah aku balik lagi ke, i want my very own cards, ga ada undangan yang cocok buat aku 100%, ada aja ga sreg nya. pertama udah pilih bentuk kan di tebet sono, cari yang bisa jadi kalender meja, kan nikahannya januari, jadi pas banget buat kasi kalender. siapa tau, undangan aku bisa berguna. kalo akhirnya tetep dibuang, kan yang penting ada niatnya. he

kalo bisa, dari jauh2 hari udah nyimpenin banyak undangan, pokoknya kalo ada satu aja bagian dr undangan yang kamu suka, misal, sekedar font, simpen aja undangannya. ntar bawa ke percetakan semuanya, jadi enak.

4. COLOR and THEME
 ini emang komponen sangat amat penting dari suatu undangan.  and how to balance all the color and design is what need a taste. urusan desain mendesain itu ga bisa dilakuin sama orang yang ga suka rempong, ga suka seni, apalagi ga suka warna warni. dan aku suka semuanya. pas banget. haha.
jadi. balik lagi, sebelum nentuin desain undangan, tentuin dulu tema dan warna wedding kamu, per acara. bisa sih kalo mau simple samain aja tema dan warna semua rangkaian acara wedding kamu, tapi jangan sama persis ya, kan ga seru kalo akad pake kebaya pink, siraman pake kebaya pink, resepsi pake kebaya pink, kayak ga ada warna lain aja.

5.Font undangan
masalah FONT aja, ada kali sebulan googling baru nemu font yang cucok si icha ini.
font undangan aku (yang tiga jenis itu) aku samain biar ga ribet (dan ga tau juga mau font lain apa).

buat paragraf panjang2, aku pake Copperplate Gothic Light. font ini isinya huruf kapital semua, jadi yg bedain huruf besar dan huruf kecil ya cuma ukurannya. langsing2 gitu hurufnya, bikin kesan modern, simple tapi tegas dan jelas. sayang dokter jadi tulisannya DR, ga bisa dr.

buat nama lengkap dan nama panggilan kami berdua, aku pake KuenstlerScript-Black. nah nyari calligraphy font itu lebih susah buat aku. gimana caranya nama "RAISSA" ga kebaca RAIDDA, ato RAIBBA. font apa yang bagus dinama aku dan juga bagus dinama cami. semua ga gampang dengan ke-perfeksionis-an yang aku milikin sob. 

6. Monogram
oiya, masalah desain, ada yang namanya MONOGRAM. ituloh yang kayak logo2 unyu gitu. aku iseng googling, eh ada yang free gitu di internet. I LOVE INTERNET. akhirnya aku buat beda2 monogram buat di masing2 undangan aku. klik aja wedding monogram ini. banyak lucu2. ehem, ntar undangan kita samaan deh. ga apa, aku suka kalo post ini berguna.hihi

ini monogram aku (biar post ini ga terlalu penuh huruf)


Monogram Akad Nikah
sesuai tema acara: white-baby pink-silver

Monogram Munggah
Couple gold birds for my gold-red Palembang day

Monogram resepsi
turqoise, sesuai tema resepsi: white-pink/fuschia-turqoise

7. REVISI dan CETAK CONTOH
jangan langsung percaya si percetakan bakal bisa langsung bikin apa yang kamu mau. just DONT. nanti kan dia minta kirim email ISI dari undangan, data2 penting gitu (aku sih kirim lengkap semua, karena buat aku, tiap kata harus diletakkan seefisien dan secantik mungkin tanpa mengurangi kadar kesopanan dan esensi dari undangan itu sendiri).

kalo desain via email udah klop, minta cetak contoh dong. pembeli adalah raja, ngelunjaklah dikit demi hasil yang sempurna. minta cetakin satu dulu, trus revisi lagi.

ini cerita aku buat poin ini:
pertama aku udah minta desainin dia dengan narasi panjang laksana kereta api satu persatu wujud undangan yang aku mau. datenglah email perdana. jengjeng. JELEK AMPUN. jadi aku minta revisi lagi dengan detail yang aku mau aku jabarin poin perpoin via email. datenglah email revisi 2. font ga sreg lah, warna aneh, susunannya ga oke, monogramnya ga nyambung. ada aja pokoknya. sampe akhirnya aku tanya uti dan bellu mau ga bantu, my BFF yang JAGO bisa komputer dan ilmu perdesainan karena mereka jualan stiker (brand stiker mereka Bi-N-Ti sticker, bukan binti.). mereka mauuu. minta si percetakan kirim versi corel draw nya, dan jadilah kami bertiga berkutat sama undangan aku ini. baiknya temen2 aku ini. ga tau lagi harus bilang makasi berapa banyak. sekali pertemuan, belum kelar. ga tanggung, TIGA loh undangan yang harus direvisi ini. sampe kemaren ada pertemuan kedua dan ketiga sama bellu buat selesain semuanya. dan VOILA. my dream wedding card desain are all done! kirimlah ke email si mas percetakan, biar dy bisa segera prin contoh dan kirim ke palembang via pos. tapi yang sampe rumah GA SESUAI SAMA DESAIN AKU. coba gimana ga emosi! ternyata eh ternyata, dy ga bisa buka corel X4 aku karena punya dia corel X3, sesuatu.padahal kan pelanggan adalah raja, tinggal instal X4 apa susahnya??
yagitu deh intinya, aku langsung cerewetin dia. dan ini aku kirim ulang corel nya, pake x3. -_-

8. JUMLAH undangan
berapa jumlah undangan kamu? mama? papa? cami? mertua? lain2? mau pesen undangan berapa banyak? berapa kapasitas gedung?
ini mikirnya juga ga gampang. bayangin dong, kita diharusin nginget nama sekian banyak orang, belum lagi undangan  mama papa yang bejibun.

kasus aku, 3 acara yang ada emang dibuat khusus buat undangan yang beda-beda. cuma keluarga deket dan teman akrab yang diundang di tiga tempat itu. bukan pilih2, ini karena kapasitas ketiga tempat itu sama2 terbatas, biar semua sama2 nyaman.

undangan akad dirumah cami buat keluarga besar cami, dan kolega camer. aku belum tau keluarga aku dapet jatah berapa disini, dan kami bener2 nyerahin sama keluarga cami. kalo emang cuma buat 20orang, ya udah ga apa, 20 orang aja yang dateng dari pihak keluarga aku. (tapi semoga lebih banyak, paling ga pengennya semua om tante sama sepupu2 yg udh gede bisa ikut) flexible aja, toh ada acara keluarga juga dirumah saya. undangan yang dipesen: 600pcs

undangan munggah dan mandi simburan itu buat keluarga besar aku. misan mindo mentelu apalah itu, semua diundang numplek. tetangga rumah lama, perawat2 & pegawai rumah sakit tempat mama papa dan aku kerja, semua diundang kerumah. maklum, orang palembang asli, nikah dikampung sendiri, nah bisa bayangin ga sebanyak apa keluarga besaaaaaaarnya. apalagi dengan slogan palembang "wong kito galo" yang artinya "orang kita semua", kebayang kan?
belum bahas juga berapa undangan yg dilempar ke cami, tapi kayaknya rada banyak, ini kan "resepsi" nya kami, mama pengen keluarga cami rame2 kerumah biar bisa seru2an. undangan yang dipesen: 600pcs

Resepsi ini dibikin lebih ke jamuan makan buat dunia profesional mama papa aku dan aku. udah hampir 800 nama dokter yang siap dikirimin undangan, tersebar diseluruh pelosok indonesia, dan itupun belum kelar di data. belum sama temen2 aku dan cami, ga tau deh ini keluarga cami dikasih berapa. undangan yang dipesen: 1200pcs

9. Undangan DIGITAL
perlu ga? BANGET! hari gini orang lebih suka bikin undangan digital buat di taro di FB, path, twitter, instagram  ato buat disebar via WA, LINE, ato BB. ada orang yang ga suka dan ngerasa kesinggung, dibilang ga niatlah apalah. kalo aku sih okeoke aja, asal ga di broadcast aja. :p

biasanya orang bikin undangan digital pake foto prewed, yang artinya baru bisa disebar abis foto prewed. buat kasus aku, aku udah bikin undangan digital pake karikatur duluan buat kirim "save the date" invitation buat temen2 AMSA nun jauh disana, biar mereka bisa cari tiket promo. mau di pos ga ya gambarnya?? di pos ntar2 aja ya. hehe.

10. BERDOA
berdoa agar semua undangan thingy berjalan lancar dan sesuai keinginan kita. amin

ini udah kayak karangan novel Mira W aja. panjaaaaaang dan lebaaaaaar.
semoga membantu^^

No comments:

Post a Comment