Monday, September 30, 2013

it's H-101 now! kenapa saya mau nikah muda?

Ya Allah, nikahannya udah deket! 100 hari lagi loh besok. means, masa masa melajang akan segera berakhir. panggilan anak "gadis" nya udah bakal berubah jadi "nyonya". cepet banget ya.

umur aku baru 23, usia emas wanita banget. umur pas kamu lagi ngerasa cantik-cantik nya. umur waktu udah mulai ada penghasilan sendiri. biarpun kalo dibeliin pallete make up kecil cuma dapet 3 biji. Asik banget rasanya punya uang sendiri, bukan uang jajan, trus bisa belanja sampe abis semuanya sendiri. toh tinggal masih sama mama papa, toh makan juga masi ditanggung mamapapa. my money is for me to have some craziness and FUN.

dulu udah kebayang aja, ditengah internship bisa ke korea bareng temen2 sekedar buat nonton konser superjunior. trus beberapa bulan kemudian balik lagi buat stay disana 3 bulan ikutan summer course. having a europe trip. bikin clothing line ato apalah sendiri, jualan lagi. internship leye-leye, trus kumpul2 bareng anak hijabers palembang. i imagined i have a very "ME-centered" internship day. abis lulus internship sibuk ikut conference sana sini sampe memutuskan mau masuk spesialis apa. mungkin diumur 25. i have it all planned.

tapi ternyata, semua berubah(but im happy if that's what you wanna know. super)

Pilihan buat menikah itu bukan pilihan yang orang lain paksain buat aku. Ada kan yang ala-ala Siti Nurbaya gitu, nikah karena dipaksa orang tua, ato nikah karena dipaksa rentenir buat bayar utan (amit-amit). ga. aku sendiri yang memilih buat menikah muda.

kenapa?

cinta.
udah ketemu jodohnya aja.

itu sih jawaban klisenya (dan jawaban kalo aku lagi males jelasin panjaaaaaang lebar, hihi). ada banyaaaaak alesan kenapa aku memilih untuk menikah diusia yang terbilang muda ini. 23 coy.

1. i met him
pernah denger lagu havent met you yet nya michael buble ? (ada yang dulu suka banget karoke lagu ini)


I might have to wait, I'll never give up
I guess it's half timing and the other half's luck
Wherever you are, whenever it's right
You'll come out of nowhere and into my life

And I know that we can be so amazing
And baby your love is gonna change me
And now I can see every possibility

mama selalu bilang, cari cowok itu bukan yang kaya, tapi yang rajin.
dan as my daddy's little princess, i always adore him. a super brilliant dad who knows everythings! papa is my walking encyclopedia. katanya, anak cewek itu suka laki-laki yang kayak papanya. in my case, cami aku pendiem kayak papa, sebenernya kalo udah akrab rada bawel juga sih, suka ngelawak ga jelas gitu, persis. trus pas PDKT cami tuh kayak pinternya wow banget (sekarang baru tau kalo dia pake jasa om google juga,, dasaaar anak satu itu menipu ! tapi untung ketipu, aaaa). trus trus dia rajin (kalo dibandingin sama aku)
anaknya baik dan alim juga, dari hasil research aku dan mama ini. when i was a kid,i always think if my mom isnt an FBI, she must be a shaman. she just know it all. seriously. bisa ya dy tau background keluarga orang yang lagi deket sama aku, bahkan aku belum ngenalin loh.
pernah beberapa kali, aku baru mulai deket sama orang, eh si mama udah sewot komentar, dia ga baguslah, manja, anak mami, mamanya cerewet nauzubillah kak icha ga akan tahan, keluarganya punya background ga baguslah, ada aja pokoknya. until she met him. bahkan sebelum they met in person, mama udah suka. kalo sekarang sih, kalo lagi jalan bertiga, aku-mama-cami, ada aja orang yang ngira aku yang calon menantu. (-_-")

dia pacar pertama aku (yang aku akuin). aku selalu pengen punya pacar itu yang pertama dan yang terakhir, keren aja.
sekian taun lagi bisa ada percakapan,
anak, "mama dulu pacarnya banyak ya?"
me, "ga kok, banyak sih yang suka sama mama, tapi papa kamu yang pertama dan yang terakhir buat mama."
(lalu anaknya muntah)

iya, intinya,
i met him.
i need 3 months after the day he said he love me to convinced myself that he's the one i've been looking for. dulu sampe kabur dan menghilang ke jakarta buat meyakinkan diri, dan sadar kalo aku ga bisa lama2 tanpa dia. (kalo sekarang, baru ga ketemu sehari aja rasanya udah seabad) and i choose to stop searching for the others and choose him.

2. Cinta dan emang udah ketemu jodohnya
uhuk.
si pemilih hebat ini udah ketemu yang klop. dari dulu selalu berdoa sama Allah biar dikasih jodoh yang bisa ngebahagiain dunia dan akhirat. iya aku maruk. aku ga mau cuma bahagia dunia, atau akhirat aja. umat muslim berhak dapet dua-duanya.


cinta itu dipupuk. kalo cami saya bilang
"Ada dua pilihan ketika bertemu cinta.
Jatuh cinta dan bangun cinta.
Padamu, aku memilih yang kedua.
Agar cinta kita menjadi istana." 
keren aja. ini sih aku yakin pake banget hasil kopipaste dari suatu tempat, tapi tetep aja sukaaaa. dan iya,, aku makin lama kayak makin gila gitu. dulu padahal cuma sekedar "aku suka deh sama kakak ini". sekarang udah "Ya Allah, i love him, please let me be his makmum and he'll be my imam for the rest of our forever"

udah ah, makin lama makin gombal.


2. Kuliah udah selesai

i've graduated even twice. ini kurang dewasa apa coba? secara intelektual, aku ga kalah dari kebanyakan cewek. lah tamatan SD ato bahkan yang ga sekolah aja bisa jadi istri dan ibu, lah ini kenapa seorang dokter ga? dunia kami, kedokteran, itu susah loh cari jodoh. kebanyakan dokter nikah muda, ato nikah telaaaaat banget, ato ga nikah sama sekali. karena pengaruh lingkungan.
coba aku jelasin perbedaannya ya.
a. golongan nikah muda
ini biasanya yang ketemu jodohnya di bangku kuliah sama temen seangkatan ato senior, ato dunia perkoasan alias ketemu kakak residen. nikah karena males nyari lagi, ntar ga dapet loh. ini udah dapet sama2 dokter, cucok, cari apa lagi? makan batu dulu ga apa, ntar kita sama sama makan emas batangan *loh*
ato dokter cewek yang nikah sama polisi. knapa ya bapak polisi suka ibu dokter?

b. golongan nikah telat

ini ga dapet jodoh di kuliahan atopun koas. akhirnya dijodohin. ato nikah sama ayuk perawat ato bidan. ato nyari2 adek koas cantik. knapa kmaren belum dapet jodoh? bisa dua alesan, terlalu pemilih ato emang ga ada yang mau dipilih. tapi it's happy ending at the end! jodoh itu rahasia Allah, yang penting terus berdoa dan berusaha. minta dikenalin juga termasuk usaha lih.

c. ga nikah sama sekali

banyak loh dokter2 tua yang jomblo. beneran belom pernah nikah gitu. ada yang karena pernah sakit hati, jadi trauma hepatis *halah*. ada juga yang emang lupa kali ya nikah, saking hebringnya dia dan dunianya. pilihan orang buat ga menikah ato menikah, better not judging.

Alhamdulillah aku bisa masuk di -sebenernya ga muda-muda banget- golongan nikah muda. cami juga udah selesai kuliah, well, dia masih kuliah S2 nya sih, tapi kan nungguin dia tamat berarti harus nunggu 2 taun lagi. ga ga ga! kelamaaan! twenti tri my age ini.


3. Usia
usia cami 27 januari nanti, udah ideal banget kan buat nikah? nah aku 24, ga bisa dibilang masih kurang loh. ini aku coba bikin usia produktif kami (well,mine is what matter the most) yang tersisa.

Tahun : usia aku  & usia cami, plan
2014 : 24& 27 nikah, cami S2, aku baru kelar internship
2015 : 25 & 28 punya anak 1, cami masi S2, aku masi kerja serabutan (semoga keterima PNS, amin), aku tes PPDS
2016 : 26 & 29 selesai ASI ekslusif, cami masi S2, aku mulai masuk S2
2017 : 27 & 30 punya anak 2, cami udah spesialis, aku masih S2
2018 : 28 & 31 selesai ASI ekslusif 2, cami udh bagus karirnya, aku masiS2
2019 : 29 & 32 punya anak 3, selesain S2, cami S3
2020 : 30 & 33 langsung punya anak ke 4 aja abs ASI eklusif, kalo ga taun depan udah 31,, aaa ga mauuu!! i need more time!!! anak ke 4 nya jadi anak konsulen deh.

intinya, kalo aku mo punya anak 4 sebelum usia 30 tahun, dan aku pengen punya anak minimal EMPAT biar rame, tapi ga tiap taun juga brojolnya, ini umur udah mepet banget nget nget. Ya Allah, mudahkanlah. bukankah Allah dan nabiMu, Muhammad akan lebih senang jika nanti dihari pengumpulan, umatMu lebih banyak daripada orang-orang kafir? 



4. direstui semua orang

Restu kedua orang tua dan kedua camer udah didapet, adik2 kami juga kayaknya setuju-setuju aja. keluarga besar juga oke. jadi, mau apalagi?


see?? i thinked a lot about it.

aku pernah baca disuatu buku ato di tweet gitu. dan ntah knapa merasuk banget ke hati aku. lupa pastinya, tapi kira-kira gini isinya.
tidak ada perbedaan hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh wanita muslim yang sudah atau yang belum menikah. jika ada, apa kamu yakin hal itu bahkan boleh dilakukan wanita muslim? 

1 comment:

  1. Waaahh keren kak
    Memang sih aku jg taunya gitu kak, mendingan nikah muda kalo mmg udah ketemu jodohnya. Salam kenal kak dokter :D

    ReplyDelete