Monday, March 7, 2016

29w0d Me and all the paraben ep 2

Halo para pembaca setia semuaorangsukaeskrim,
apa kabar kalian hari ini?
Kali ini saya mau bahas lagi tentang kosmetik yang saya pakai selama kehamilan kedua saya. 
Untuk saat kehamilan pertama dulu, bisa dilihat di me-and-all-parabens . 
Tulisan ini dibuat jilid duanya karena post satu itu adalah salah satu post fave of all time. 
pasti banyak banget ibu ibu hamil anak pertama yang lagi kebingungan mau pake apa untuk perawatan wajah dan tubuhnya. beberapa (banyak) kosmetik memang mengandung paraben dalam jumlah dan jenis yang tidak satu sebagai pengawet dalam produk mereka. Walaupun kita hanya menggunakan sedikit dari produk mereka, kita tidak akan pernah tau berapa banyak paraben yang masuk, diserap tubuh kita, dan dihantarkan via plasenta ke janin tersayang. But hey, you have to Thank God for making a body of pregnant woman soooo marvellous. Allah ga bikin tubuh kita lemah, tetapi Allah bikin tubuh kita semakin kuat, sawar plasenta itu ga semudah itu dilewati benda asing. just keep it as simple as possible. Ya ga usah juga malah jadi dicoba satu set lengkap krim pagi- malem, apalagi krim ecek2 yang pake pemutih, untuk manusia ga hamil aja jelas banget itu kimiawi semua dan ga bagus.

Terakhir sebelum hamil, kosmetik yang saya pakai masih kira2 sama kayak dulu, cuma ganti produk aja:
pagi : wardah gentle wash, clear lotion SK II (kalo lagi ga buru2), FTE SK II, IOPE BB air cushion, bedak mars (kalo lagi pengen), pensil alis viva, blush on hervana by benefit, lipbalm EOS/kiehl, lipstik (mostly bourjois rouge velvet)
malam: wardah gentle wash, laneige water sleeping pack

Setelah hamil, apalagi di trimester awal, dengan semua kemalesan yang ada, beneran alesan utamanya bukan takut sama paraben, tapi maleeeessss aja, saya cuma pake gentle wash, pensil alis, lipbalm yah paling lipstick lah dikit. udah.

Anehnya, ini anak satu dalem perut kan cewek ya, kata orang malah suka dandan harusnya. mimi kakak engga tuh. makin males. cuma hormon bikin kulit saya malah makin bagus, jadi hepi deh. hihi.

Anehnya lagi, baru pas hamil ini saya tiba2 alergi sama lipbalm EOS, Kiehl, dan lipstik MAC! aneh banget. giliran dicobain lipstik purbasari dengan harga 10% nya, eh malah bisa. tapi takut pake sering2, soalnya kan lipstik pasti kemakan. Alhasil balik ek vaseline original buat dijadiin lipbalm, lipstiknya pake selain MAC, dan kalau mau makan dihapusin dulu di tissue. 

Mungkin karena ini kehamilan kedua dan saya lagi ribet banget sama urusan PPDS saat trimester 1, jadi ga terlalu mikir aneh2. Lebih mikirin gimana masukin makanan kedalem perut tanpa mual muntah. pernah sehari kumpul sama temen2 tanpa pake pensil alis pun, sampe ada yang komentar, "ternyata selama ini alisnya dilukis! skarang keliatan aneh bener". oh yeah, alis saya -hampir- tak terlihat emang aslinya, bahkan tanpa dicukur2.

Untuk produk mandi, kalau dulu saya ganti shampo dan sabun jadi shampo dan sabun bayi biar non paraben, kali ini ga. tetep pake dove dan pantene. biar sekalian aja sama suami, ga ribet, lagian shampo bayi ga ada busanya dan ga begitu wangi, ga enak. psst. dan bapak suami lebih suka rambut istrinya bau sampo daripada bau tengik asem keringetan. jadi sekalian buat menyenangkan hati suamik. 

Masuk trimester 2 udah mulai enakan makan, jadi punya waktu buat hal lain selain mual, apalagi setelah stop out dulu ppds nya, makin banyak waktu luang. jadi sempet2nya liat review lipenstik, sempet oles2 muka, sempet pake porepack dan masker. sesekali. lumayan. cuma masi tetep ga pake water sleeping pack ya sih, soalnya kan itu kayaknya "pencerah" gitu, pasti kimianya banyak, sayang sih produknya dirumah masih banyak, tapi takut juga kenapa2 si kakak cantik. yaudah.
Trimester 3 ini makin rajin mandi karena makin sering keringetan, bisa 3x sehari, gantiin makan yang 6x sehari. manaa makin banyak dan lebar lipatan intertriginosa, ga enak banget lengket kalo keringetan. makin sering keramas juga. kepanaaaaaaaaaaaaaaaaaasan terus pokoknya. Rasanya no clothes better than daster compang2 yang makin sering dicuci makin adem. rasarasa pengen dikamar jadi tarzan pake celana dalem aja. 

Oh iya, perut saya masih bebas dari stretchmark, tapi itu SM malah muncul di bagian lain, ga lucu dan ga unyu banget! jadi saya mulai rajin oles extravirgin olive oil punya wardah, sesekali diselingi aloevera shooting gel yang dibeliin mama di korea (sayang soalnya ga dipakepake), dengan harapan, plis, striae jangan muncul lagi. T-T

Abis lahiran pengen beli mustela yang langsung buat ngilangin SM, apa geliderm apalah itu, soalnya kayaknya percuma juga pake sekarang. udah kelewat banyak, jadi males.

Sekian curcol dari saya,

Jangan terlalu takut untuk tetap setia pada produk anda, kurangi yang tidak perlu, pakai yang penting saja, afterall, you still have to look good for your husband eventho he'll tell you "you're beautiful in any form" ^^


ps. suamik selalu bilang "ga apa2" tiap istrinya urhat badannya ga akan pernah sebagus dulu. and then he kissed me in my forehead, and rub my hairs, and i melted. :*

No comments:

Post a Comment