Thursday, October 9, 2014

marriage, is age matter?

baru abis kedatengan tamu, cewek umur 18 tahun yang baru aja nikah.
biarpun badannya bongsor, bikin dia sama sekali ga keliatan berumur segitu, umur itu keliatan loh dari cara dan isi bicara seseorang.
well, ofcourse education play a significant role, tapi umur, biar gimanapun, bikin pandangan seseorang beda.

according to UNICEF those early age marriage means a marriage happen in child younger than 18 years old.

labil.
itu istilah umum yang artinya kadang ga jelas, pokoknya apa apa yang "tidak stabil", bisa berubah ubah.
Anak muda, iya aku juga ga tua2 banget, itu pandangannya masih hurahura, masih keras kepala, ego nya masih luar biasa, dan bikin mereka, dalam banyak hal, jadi labil, ga stabil.

boleh sih nikah muda, tapi ga kemudaan juga kali ya.
menurutku, buat yang tinggal dikota, yang mengenyam bangku SMA,
20lah umur paling cepet buat ceweknya nikah.
tamat SMA langsung nikah itu terlalu riskan.
mood belasan tahun tuh susah loh dikekang, dan mau ga mau,
istri harus manut sama suaminya, ga bisa bebas lagi kayak masih gadis dulu

Cara pandang anak muda juga beda sama orang dewasa.
kalo dalam bahasa inggris, teenager sama adult.

Aku punya temen, nikah di awal kuliah, trus beberapa bulan kemudian cerai.
ga bisa judge orang, emang pasti tiap rumah tangga punya masalahnya masing2,
tapi menurutku, andai aja waktu itu dia udah dengan usia lebih tua, saat jalan pikirannya udah lebih dewasa, mungkin ga akan sampai cerai, atau at least her marriage last a bit longer.
because yess, we, who married on a proper age, has different point of view than those who married just because they love each other.

sebagian yang nikah muda itu alesannya, kalo ga kepaksa ntah kepergok ortunya atau MBA (married by accident), ya "karena kami saling mencintai".
LOVE isnt enough bro sis!
it's a lot more than that. it's about being US, taking responsibilities, and give more than you can get, sacrificing.
Those early age masih susah melakukan itu semua, those early age yang ego nya masih tinggi, akan lebih meng "AKU" kan segala sesuatu. dan as people aged, ego seseorang terhadap dirinya berkurang. Ada banyak hal yang akan dipertimbangkan. ga akan "semau guwe aja".

Bahkan, untuk urusan hari pernikahan, beda banget loh orang yang nikahnya diusia terlalu kecil sama yg terlalu dewasa, dan yang usia standar.
pernikahan usia belia di kota besar, apalagi yang orang tuanya kayaraya, bakal looks like a fairytale, malah ada yang pake kissing scene padahal di Indonesia raya dan islam. karena apa? karena mereka lebih mikir "wedding is a celebration", perayaan gedegedean.
diusia standar, pernikahan jadi sesuai kemauan, tapi sesuai budget, dan harus  tetep sakral.
diusia terlalu dewasa, ntah karena malu atau emang males aja ribet, biasanya lebih simpel.

Foto prewedding juga gitu,
tadi abis liat foto prewed anak nikah belia, ciuman, padahal islam. dan pas liat tangannya, pake kuteks padahal lagi sholat.
maaf aja, aku jadi ga respect.
kalo menurutku, mungkin, kalo aja anak ini sudah lebih dewasa, akan ada "rasa malu" paling ga sama orang tua, sama sesama manusia, biarpun emang rasa malu sama Tuhannya ilang ntah kemana.
Dia kalo udah dewasa, dengan jilbabnya, dan dengan bangga bilang lulusan pesantren, harusnya sih malu nunjukkin foto PREwed ciuman gitu, harusnya apus kuteksnya dari sejak nikahan 5 hari lalu kalo emang bilang "oh iya mau solat ashar", atau bilang aja lagi mens.

see, age does matter.

emang sih, kedewasaan itu ga bisa diukur dengan umur, Banyak kok yang udah dewasa lebih duluan, banyak kok anak belasan yang jalan pikirnya udah dewasa banget. tapi GA SEMUA. dan yakinlah, sedewasa apapun pemikiran seorang anak belasan tahun, separah apapun kondisi memaksa dia untuk dewasa sebelum umurnya, deep down, he/she still has that playfull youth spirit. Even if they try to hide it down, it'll somehow show. semua ada masanya, kita udah diciptain Tuhan dengan mesin waktu, ada masanya untuk segala sesuatu, dan berbeda untuk tiap orang.

aku aja yakin banget, masih punya banyak sisi kekanakkanakan yang kadang bikin suami sebel, cepet ngambeklah, cepet bete, cepet moodswing, abis ngambek, nangis, trus dimanjain dikit, ketawaketawa lagi. hihi.
tapi ini sebenernya udah berkurang seiring bertambahnya usia, ga kebayang kalo dulu nikahnya lebih muda bakal jadi apa rumah tangga kami.

Yakinlah, orang yang sudah dewasa diusia nya yg masih belia, akan lebih dewasa saat umur "dewasanya" tiba.
so for me, i conclude, age does matter. just patiently wait.

tapi jodoh susah ya nolaknya. cuma mau saran buat yang mau nikah belia banget, yakin ga nyesel ga nyicip hari2 menyenangkan sama temen2 lebih lama?
yakin siap menanggung semua tanggung jawab pernikahan?
yakin ga akan nyesel ga sekolah tinggi2 padahal ada kesempatan?
yakin ? yakin? yakin?
dan semua pertanyaan diatas harus dijawab tanpa keraguan, dan dengan alasan yang ga se klise "tapi aku cinta".

to fall in love everyday with the same person, need more than love. it's about love, friendship, trust, loyalty and a lot consideration.

2 comments:

  1. hhmm...bisa kah beri link foto preweddnya abege itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga punya, kmrn liat di hapenya,, lagian ga mau ah tiba2 kontak dia "dekdek, boleh kirimin foto prewednya kemaren ga" (--__________--"")

      Delete