Sunday, March 15, 2015

Me and all the parabens

shameless selfie

Halooo, lagi bosen baca Buku jadi mau nulis sesuatu. (Pencitraan)

Kalo pada ngikutin pos pos sebelumnya, kan aku men-stop semua skincare dan makeup yg mengandung paraben di kehamilan pertamaku. 

Parabens itu sebenernya senyawa kimia untuk pengawet kosmetik. Jadi, ga banyak pilihan kosmetik, ntah itu skincare dan makeup yang ga pake parabens, ntah dalam bentuk metyl parabens, dan semua turunannya.

Bahaya paraben dalam kehamilan udah aku bahas di post sebelumnya.
Tapi sebenernya, aku belum nemu berapa "ambang batas aman" untuk pemakaian parabens dalam kehamilan. Karena biasanya, satu produk itu banyak jenis parabens nya.
Berapa banyak yang diabsorbsi dan bisa sampe transplasental dri ibu ke janin juga ga tau. Udah browsing ga dapet data scientificnya. Bapake jg ga tau. Jadi ya sudahlah aku anggep aja kalo satu produk ga apa apa sekali2. :p

Satu satunya produk dgn (cuma) metyl paraben  yang tetep aku pake, karena rada ngerasa bergantung padanya *tsah*  dan ngeluarin statement resmi di official web nya kalo produk mereka aman untuk inu hamil adalah... Jeng jeng..
The infamous SK II  Facial Treatment Essence !!

Mari kita bahas satu persatu, 
skincare dan makeup (sok) aman, mostly over the counter ala dr. Raissa:

1. SK-II FTE
FTE SK-II
Ini ehem ga over the counter sih, malah bisa dibilang make up kelas atas, tapi i just fallen deeply with this super product. Dulu sebelum pake mukaku itu pori2nya visible, trus suka ada gerenjel2 bintil gitu terutama di cheek bone zone. Semenjak saya memakai SKII smua masalah itu hilang. Kulit muka saya menjadi halus, lembut, kenyal, dan suami makin cinta. Bahaghaha (mulai ngelantur).
Tapi karena tetep ada metyl parabennya, aku cuma pake sekitar 2hari 1x, malem doang, biasanya rutin 2x sehari pagi dan malem. Trus jerawatan deh. Hormonal sih kayaknya. Setelah Ab, jerawatnya ga muncul2 lagi. 
Pengen pake whitening seriesnya sih, tapi dompet dedek ga kuat.  Dedek sayang tabungan bang. Haha. 
Jadi masih nyari produk whitening yang aman, mujarab dan ramah dompet. Ada rekomendasi?

2. Stop krim malem
Sebenernya mostly whitening itu bagusnya yang sleeping pack atau night cream, cuma k aidyl ga suka krim malem yang lengket itu jadi ikutan ngelengketin muka dia karena istrinya ini suka ngusel2 pipi gendutnya. Mihihi.
Masalahnya mostly krim malem itu keras dan fungsinya lebih mujarab dari day cream, jadi biarpun terakhir pake hada labo yg meng klaim ga pake hal2 ga penting yang tidak diperlukan wajah, aku stop semua. Kan hamilnya cuma 9 bulan yak, nanti dipake lagi abis lahiran. kalo sempet. hihi

3. Bedak johnson's baby powder milk

Pengen pake bedak, tadinya mikir semua bedak bayi aman. Ternyataaaa... Hampir semuanya ada paraben! Kayak maniac aja dulu, bacain ingredients bedak bayi di super market sampe jongkok2 ditemenin suamik. Dan ini satusatunya yang ga ada paraben nya sama sekali. Cek deh di supermarket sono. So i choose this. Biarpun jadi agak kayak lenong karena putih banget warnanya dimuka, ga apalah. Demi.

3. Pensil alis viva

Ini ga nemu ingredients nya dimana mana. Dan berhubung nasib alis semi botak. Yasudahlah pake aja. Dikit ini. Kkkk
psst.. some pro makeup artist use this eyebrow pencil too!

4. Lipstik & balm

Nah satu ini kan juga syusyee kalo ga dipake. Secara bibirku warnanya ga cantik, gelap gitu, mana kering kerontang. Nanti dikirain perokok pula, kan terinjak2 harga diri dedek kalo dikira perokok. Jadi ehem. Masi dipake. Cuma menghindari yg warnanya kuat banget, kan kayaknya berarti zat pewarnanya lebih banyak, takut kemakan. (asumsi sendiri). Trus abis pake di lap lap nyemnyem dulu pake tisu ( tisu diselipin diantara bibir trus nyemnyem). Kebayang kan?
Masih pake khiel lipbalm no.1 sebagai base, paling bandel ngelawan keringnya bibirku ini. i know have my 3rd tubes, cuma sebenrnya baunya ga enak, tapi ga ketemu pengganti jadi ditahanin ajah. 

5. Sabun cuci muka
Ini juga ganti facial foam nya pake sabun bayi atau yang terakhir sabunnya wangsa jelita yang "for mom". wangsajelita

Nah udah gitu doang. Ga pake CC / BB cream, ga pake blush on atau cheekstain. (Padahal sebenernya kalo ga hamil cuma ditambahin cc/bb cream sama krim malem dan blush on trus sama pake facial foam aja).

Sekarang,,
im back to all the parabens!
Ini tambahan dan gantiannya
1. TWICE daily dose of FTE SK II

2. Night cream


Masi pake hadalabo whitening night cream. Ini karena kemaren pengen coba cari produk over the counter yang ramah kantong. Cari cari review dan jadi cobain ini. Kadang pake nature republic aloe shooting gel. suka suka. Lagi mikir buat coba laneige water sleeping pack juga, tapi kata temen2 ga begitu ngaruh. Trus disuruh mama pake obatnya mama, tapi masi mikir2 karena kayaknya keras banget. dan hari ini mama nyuruh lagi pake obatnya dengan tambahan "kak, nanti mama dikira ga bagi2 bedak mama ke kak icha, item bener, liat tuh jauh banget sama tangan". okelah kalau begitu, kita pake serangkaian perawatan mama. tunggu aku putih kembali ya.

3. BB/CC cream
Alesan utama pake satu diantara dua ini ya karena aku butuh moisturizernya dan SPF nya. Siang itu di rs kan pake AC, trus harus kena matahari juga diperjalanan pergi dan pulang, dari pada kulit kering dan makin item. Alesan berikutnya adalah biar putihan dan kinclong tapi ga berat dan cakey kayak foundie. So BB/CC cream is my bestfriend. my current bff are either:
dr. G BB cream 
or
etude house CC cream in glow


4. wardah gentle facial wash
gentle wash VS facial scrub
Ini udah sabun cuci muka paling cucok. Kak aidyl juga suka pakenya. Jadi kami samaan. So sweet banget ga sih. padahal sebenernya aku lebih suka yang pake scrub karena ada gerenjel scrub nya, sementara kak aidyl ga suka scrub karena ada grenjel2 scrubnya. cocok kan kami. hehe. anyway kadang kalo ngerasa ga begitu bersih mukanya, dipakein clear lotion Sk-II atau kose cleansing oil. cuma ga begitu suka pake si kose karna oily banget. (yaiyalah judulnya aja cleansing oil)
KOSE cleansing oil

5. Blush on
hervana by benefit
Masih cinta banget sama hervana nya benefit. Kadang pake fine one one atau benetint nya benefit juga. Oh yeah im so into benefit. Dulu wedding hampers alias anter2an juga ada yg khusus benefit (modus). Im a cheekstain lovers! Karena emang pipinya ga punya rona kalo tanpa blush on, ya kita pake aja. Bener ga?
Image result for fine one one benefit
fine one one for a more vibrant use
6. lipstain
what a girl without lipstick?
Daily use sekarang lagi suka pake nyx smlc andalan beragam warna, mostly ANTWREP atau IBIZA atau bourjois velvet edition PEACH CLUB. Itu sih yg biasa dipake sehari2.

So my daily look is back to normal. Itu contohnya foto diatas. Lipstick nya itu lagi pake NYX smlc athens dan dont blink pink nya wet and wild megalast. Murah meriah euy.

Begitulah post ga penting kali ini yang intinya, im back to parabens!
Now im waiting for my IOPE air cushion in ice vanilla and craving for the infamous NYX wonderstick to learn more about contouring and highlighting. 
thanks God for making me a woman with all the beauty madness stuffs.

PS. I should loose some cheek fat, dont i? i need some contouring! *alesan*
anw, beauty is being loved!

1 comment:

  1. Hy mba, utk skII bs ganti pake secret key soalnya itu bebas paraben, trs klo hadalabo yg biru dan gokujyun itu aman kok buat bumil kcuali yg merah.

    ReplyDelete