Monday, February 15, 2016

26w0d 2minggu menuju 7bulan

Kenapa dinanti banget 7bulanan?
Well, if you are a kin reader of this blog, you may realize that i'm not someone who believe or even-if-i-am-not-but-i-still-do-so-as-old-people-telling-me-to-do-so those kinds of mystical ritual throughout pregnancy and labor. Besides, my mom is not that kind of believers either. Yang aneh2 gitu, semacem kemana2 harus bawa gunting yg diiket diperut, harus pake gelang dari "jeringo bangle" atau apapun itu namanya, sejenis akar akaran yang harum yang nantinya anaknya dari baru lahir juga dipakein. Bukan karena ga percaya ada mahluk lain selain manusia di dunia ini, tapi karena saya percaya Allah Maha Pelindung dan cukuplah doa sebagai pelindung saya, lagian takut sirik juga.

Sesuatu yang ga ada di Al-quran dan hadits, dan ga ada dasar ilmiahnya berdasarkan penelitian, itu bisa aja syirik loh.

Harus hati-hati dan pinter pinter milah milih. Saya (lagi mau coba pake "saya biar kayak blogger gaul) karena itu memilih buat ga. Untung mama juga tipe ibu2 modern yang ga percaya beginian. Dan ibu mertua juga tipe yang kalo saya ga mau, ya udah. So yeah, we're free from that kak. 

Oiya jadi inget, di Palembang, mungkin juga di Indonesia dan Malaysia karena saya pernah kebuka youtube yang maparin persiapan lahiran, benda ini juga disebut2, guci buat plasenta. Jadi ari-ari (plasenta) bayi baru lahir setelah dicuci akan dimasukkan kedalam guci, bersamaan dengan beberapa hal yang menurut logika saya aneh dan ga penting dan saya takutnya malah jadi syirik, sebelum akhirnya dikubur. Ibu mertua saya beberapa waktu lalu juga cerita, katanya disini (Palembang) bahkan udah ada yang nyediain paket lengkapnya gitu, jadi tinggal beli di toko kafan, udah dapet guci sama (kayaknya) perlengkapan isinya. Jadi isinya itu macem2, tergantung doa yang mau dicapai *tsah kayak sesajen aja ya*. Adik iparku kemaren lahiran dibawain dari Palembang isinya kata ibu (ntah jadi dipake semua atau ga) cermin sama sisir biar anaknya ganteng (?), pena/pensil biar pinter (?) trus lupa deh ada apa lagi. It just beyooooonddd my logical thinking and my Islamic-yang-ga-seberapa-faith.

Why??? Banyak banget pertanyaan didalem kepala saya. 
Kenapa harus dikubur dengan benda2 aneh? 
Kenapa harus dikubur dimasukin kedalam guci?
Kenapa ga langsung ditanah biar dia cepet diurai oleh whatever biar bisa kembali ketanah?
Kenapa harus dijauhi dari bakteri pengurai tapi dikubur?
Kenapa kita ga cukup berdoa saja?

As i know, seseorang itu sudah ditiupkan ruhnya dan dituliskan takdirnya saat kehamilan 4bulan. Jadi sebenernya itu ari2 dikubur segala rupa juga useless sih.

Tapi RasulAllah mengajarkan kita untuk berdoa, bukan karena nasib bisa berubah, tapi karena kita belum tau apa yang akan terjadi nanti. 
Hmm..

 Pernah nanya mama, kata mama, cuci aja plasentanya dari darah, terus kubur ditanah deh. That is simpler. That's so like my mom. 

I've told hubby about these, he said, "kita belajar lagi dulu mi, biar pasti".
So, i've read several article online, none of those articles membenarkan cara ini, dan menyatakan ini cuma sekedar ritual adat saja, cuma saya belum ketemu artikel yang membahas bagaimana seharusnya, as all stated sebenernya ini ga terlalu dibahas dimanapun baik quran dan hadits. Pengen nanya ustad/ustazah tapi belum ketemu momennya. Atau nanti kalo ketemu nyai mau tanya pendapat dan ilmu nyai juga.

Atau ada yang tau cara penguburan ari-ari/plasenta bayi baru lahir secara islam ? 
Nanti saya bahas lagi kalo sudah ada kemajuan ilmunya. 

Btw kemaren saya dan suami ke gramedia menghabiskan waktu luang, sekalian rencananya mau (numpang) liat liat nama bayi, sekalian ke matahari beli sambungan pengkait bra because im getting fat too fast and after but new bra twice, i think i just need to buy pengait belakang wae, tongpes beli baru terus.
Your milky sources are getting bulky nak! Hope it all will function amazing by the time you're born ya kakak sayang. Amin.

Jadi kan ke gramedia, nah pas calon emak2 yang keliatan kayak anaknya udah dua ini sibuk liat2 buku nama2 bayik, si calon bapak hobi gowes sibuk pula mau beli buku "ayah edi" dan "rumah main" apalah gitu, pokoknya buku parenting yang kebeneran satu rak sama buku nama2. Ngotot pula mau beli.  Katanya "kita harus mastiin kakak ga main gadget, nanti aja pas SMP baru kasih gadget". Itu ayah edi kan bukunya ada tulisan "best seller" gitu, banyak pula serinya, masa mau dibeli semua, lagian, our baby has not born yet. Bibi kamu nih naaaaaak. Aneh. Akhirnya mimi menyelamatkan keuangan kita dengan bilang "nanti kita ke gramed atmo (yang lebih lengkap) dulu aja bi, kalo ketemu lagi bukunya baru beli". Uang Selamaaaaaat. Hihi.

Tapi nak, nanti kita tagih janji bibi bikinin kamu mainan2 edukatif sendiri ya. Trus katanya bibi mau bikinin kamu playroom ditengah2 ruang TV nya yai nyai. Makin menjajahlah kita nak. Invasi The Aidyl's akan makin nyata di merak. 

Btw balik ke buku nama bayik, kan ada buku nama dari 10 bahasa. Abis kan kakak udah punya (calon) nama yang arabic/islami gitu, jadi mimi pengen ada middle name yg unyu dan ga biasa, buku ini bagus, murah juga ga sampe 50rb, mau beli, eh ga boleh sama bibi. Katanya, "knapa pake bahasa aneh2, nanti ternyata bahasa yahudi gimana?". Hiks. Kan biar nama anaknya keren dan ga biasa. T-T

Daaaan saya akhirnya beli 2 DVD di gramedia, satu yoga prenatal, satu lagi atas hasutan mbak SPG, childbirth workout yang katanya lebih hemat karena isinya da prenatal dan post natal . Iya ini beli karena saya pelit dan mikir ini lebih ekonomis. Satu DVD 50rb. Satu udah dicobain tadi pagi. Besok mau coba yang yoga. Lumayan. Ada subtitle bahas indonesia jadi otaknya ga terlalu mikir. Dulu sempet beli yang bajakan 5rb, cuma ga ada subtitle dan kayaknya edisi zaman flinstone, jadi akhirnya ga dipake. 


DVD baru beli di akhir trimester 2


Kita balik lagi pertanyaan awal, *akhirnya, soalnya ini post jadi makin aneh makin kebawah. Haha*

Kenapa 7bulan dinanti banget ? 
Karena ini hape udah penuh banget sama screencapture barang2 bayik yang mau dibeli, cuma masih menahan diri buat beli. katanya ga boleh belanja sebelum 7bulan. Which is in my logical thinking just because "makin cepet belanja makin banyak benda aneh yang dibeli" dan akhirnya saya turutin juga. Ini saya murni ga mikir alesan lain sih. Well, mungkin juga mitos ini dibikin karena bahkan USG yang termuthakhir masih aja bisa salah prediksi jenis kelamin bayiknya. Sometimes, itu bayik pas di UG posisinya ngumpetin kelaminnya, ya kita yang USG kudu piye kalo anaknya sendiri ga ngebolehin bapak emaknya liat kelaminnya? Ini sih salah satu alesan  susah predikai kelamin. As the baby grows bigger, kan tempatnya makin sempit dan jenis kelamin bersama badannya juga ikutan membesar, jadi lebih mudah liatnya. Mungkin salah satu alesan belanjanya tunggu 7bulan ya ini. Wether you need to buy pink or blue. A pair of socks or two pairs or even three. 

Satu lagi selain baju bayik yang bikin hape saya penuh screencap adalah referensi foto maternity. Wont describe it here but yeah i'll take one! definitely will! Doain lancar dan hasilnya momazi g yak ! Buat kenang kenangan setelah dinanti 2tahun. Kado buat diri sendiri dan wedding anniversary juga. Sekalian itu g-itung refreshing dan pengganti babymoon. Iya nak, mimi sama bibi ga bisa babymoon ini, makluminlah ya, anak residen kamu itu. Nanti kalo mimi hamil adekmu, kita banymoon bertiga ya. 

isi album HP

Tuh random gitu loh isinya album foto hape saya. Abis dilema mau foto maternity pake baju putih, caramel atau dusty pink, jadi ga selesai2 buka IG nyari referensi. Let's my choice be a surprise yak!

2 weeks to go nak! And the first thing i definitely going to order online for you is a white bunny sweater buat ukuran 3M which is yang paling kecil! Penting banget kan nak. Muahahaha.
Lucu banget soalnyaaaaa.

Btw kakak udah dibeliin nyai gelang tangan. Yaampun sesuatu banget. Tapi makasii nyai mama yul. We love you to the moon and never back :*

No comments:

Post a Comment