Monday, June 20, 2016

Breastfeeding story : printilan ASI

Pos kali ini sebenernya udah lama pengen dibikin, apadaya ga ada waktu dan tenaga. Haha. Ini hanara lagi bobok karena semaleman begadang. Plis nak nanti malem bobo lebih banyak ya nak. Plis. Ini harusnya mimi nya bobok, ngantuk banget, cuma karena udah bilang mau pos tentang ini sama mamanya rafa (?) di IG, jadi dipaksain dikit. Sambil mamam redvelvet union dibeliin tante ayu favorit hanara, dan minum es dureen digari terakhir nifas. Besok puasaaa. Insya Allah. Semoga dimudahkan.

So, this post is about things me and hana use for supporting our breastfeeding time.

1. Breastpump
Spectra 9+!
Price : 1,7jt (sama ongkir)
Saya kopi paste review yang saya buat untuk giveaway spectrababyidn kemaren ya.. (Lama banget nunggu pengumumannya, semoga menang dan bisa coba pompa spectra seri lain. Amin. Hehe)

"SPECTRA JUARA!!!" Gitu kata kakak hana (17daysold)

Gimana ga juara, spectra 9+ ini satusatunya breastpump punya mimi dan ga minat coba merk lain. Biasanya mimi pake buat pump abis kk hana mimik buat simpenan nanti balik sekolah, atau diawal biar foremilknya kesimpen dikit dan kak hana bisa minum lebih banyak hindmilk. 
Why spectra 9+?
1. MURAH. Dengan harga ga sampe 2jt, udah bisa dapet double pump keren best seller idola mamah2 muda. Kantong ga bolong, ibu senaaang, bayi riang.
2. Double pump. Ini harus ada poin sendiri dong. Secara penting banget. Hemat waktu, hemat listrik/tenaga, hemat dari kerempongan dua kali kerjaa. Hemat itu kata fave buibu.
3. Compact. Ukurannya kecil, enteng, ga banyak cincong, stylish pula. Bikin gampang diselipin di tas buat dibawa2,,dan pastinya gaya. Made in korea gitu. 
4. Ga seberisik pompa asli merk lain! Kan males aja kalo kita mompa ketauan banget. Nyatnyotnyatnyot kayak merk tetangga.
5. Layar informatif. Ga perlu sedia jam lagi buat tau udah berapa lama pumping. Dan bisa tau juga lagi di level vacum berapa, trus lampu Di layarnya jg bikin bisa pump malem hari tanpa idupin lampu. 
6. Level vacum sampe 10. Aku biasa pake paling tinggi level 4, jadi ini pump bisa buat segala jenis vacum-durable-pump-level emak2. Salut sama yang pake level 10. 
7. Mode massage. Mode ini bikin proses pumping jadi ga sakit lagi, karena areola kita udah di massage dulu sebelumnya. Ada level nya juga lagi.
8. BONUS banyak. Ada manual pump set nya! Gratistitis. Belum ditambah cadangan valve, tutup corong, sandaran corong dll. Ibu mana ga suka gratisan? 
9. Corong ada 3 ukuran bisa pilih. Tinggal ukur puting, dan tentuin corong yang pas. Beneran mengerti kalo tiap ibu itu beda. Spectra cool! 
10. Customer care online nya beneran CARE dan baik dan ramah. Aku ceritanya abis lahiran rada frustasi sama proses pemompaan yang kayaknya kok ga pas, sempet nyalahin pompanya juga, dan mikir corongny ga pas, jadi telfon CC @spectrababyidn , dijelasin sama mbaknya panjang lebar, diajarin, dan voila. Jadi jatuh cintaa. 
11. Perlu alesan lain lagi? 

Well forsure it was made to join the giveaway and to win the game, but i was honest. Sjujurnya lagi saya ga pernah coba pompa lain. So iya, kalau ditanya mending mana sama merk X, ya ga tau. Boleh sih kalo ada yang mau kasih pompanya biar bisa bandingin. (Ngarep) haha. 

Karena mama rafa nanya beberapa hal, saya coba jawab disini: 

Kenapa pilih elektrik?
Well, saya beli ini dengan pengetahuan penuh kalo spectra 9+ ini dapet sparepart buat turn into manual pump. Jadi mikirnya bisa sekalian coba manual juga. Eh sekali coba, sakit, ga enak, keluarnya netes2 doang, dan jadinya capek. Poin terakhir adalah yang terpenting. Hihi.

Segi medis yang mana lebih dianjurkan?
Medical itu science and art, dalam hal ini, sebenernya sih ga ada yang mana lebih bagus karena fungsinya sama.  ( atau saya ga tau karena saya bukan konselor laktasi, bukan DSA, dan belum jadi DSOG, saya masih remah remah).
Science semakin berkembanglah maka pompa asi yang tadinya karet merah mirip bel sepeda bisa jadi kayak sekarang. Art karena tiap pengguna berbeda, dan tidak bisa disamaratakan. Sama misal A dan B batuk, dengan OBH dgn dosis yang sama, A sembuh B tidak, ternyata batuk B karena alergi. Pompa manual ato elektrik ya tergantung kebutuhan dan kecocokan orangnya. Misteri. Intinya mana yang mengosongkan PD, mau capek ngengkol atau pake bantuan tenaga listrik/batere. Monggo kalo ada yang punya referensi ilmiah.

Spectra ini bisa ngosongin PD?
Di saya, iya, sampai dengan beberapa hari terakhir kok agak aneh ya, hadilnya gelembung2 gitu asip nya,, tanya temen, disuruh ganti valve. Voila. Balik lagi. Cuma kayaknya sih cocok2an,, cuma karena emang ga pernah coba yang lain, saya coba buat mencocok2an. Tsah. Ini lagi coba buat menahan diri ga beli breastpump elektrik lain. Out of penasaran doang. Jadi saran saya, plis, cocok2in deh. Kan katanya ASI itu base on demand doang. Mau banyak? Kosongin sering2. Bukan karena apa pompanya atau apa boosternya. Jangan mudah terperangkap niat beli baru. Putusin mateng2 satu, cocok2in! 
Ciee gampang banget ngomog, padahal sendirinya lagi galau dan Malah udah kebeli fremie juga, yang ternyata,, rrrr. Kita bahas dibawah ya. 

- freemie
Price: 1,5jt (sama ongkir)
Pada tau kan ini semacem handsfree device buat breastpump merk apapun. Belinya udah bisa dapet pump elektrik baru. Huhu. Tapi beli ini dengan pikiran bisa mompa sambil follow up pasien ato sekedar isinperut nanti pas masuk jadi residen lagi. Kan efektif efisien tuh bisa pump handsfree, ga usah repot pegang. Pas sampe, dicoba depan suami, "ga ga ga, jangan dipake itu". It makes my boobs look 3x bigger! Gile ajeee, pupus harapan mau pompa sambil follow up. 
Tapi saya coba dirumah pompa dengan ini + mesin spectra 9+, enak juga bisa sambil makan, jalan2, pipis, hihi. Dan cupnya muat 250ml each! Kebayangkan gedenya itu cup. Aqua cup satu bok!

2. Botol penyimpanan ASIP
- BKA 100ml
- Botol vial 50ml dan 100ml
- Botol UC 120ml
- Botol ciki 150ml
- Botol babypax 150ml
- kantong asi natur (ntah berapa ml) 
Kenapa banyak jenisnya? Karena sebagian dikasi dan emang udah beberapa jenis, dan sebagian beli ngecer, kadang BKA ga ada jadi beli vial biasa ato apa aja yang ada. Oiya bka sekarang tutupnya biruu. Beli kantong asip krn smpet mikir mauvganti kantong aja biar lebih ga makan tempat, ternysta ga begitu suka, masukinnya susah, abs cair juga ngeluarin asipnya ga seenak botol. Besides, katanya vitaminnya berkurang karena nempel di plastik.

3. Botol pemberian ASIP
- pigeon peristaltic nipple (sumpah ini ada 6 saking impulsifnya beli sebelum lahiran)
Harga: 40rb an
Ceritanya sebelum lahiran beli botol pigeon, mau yang langsung pake peristaltic nipple, eh saat itu ga ada ditoko itu, jadilah beli yang biasa (3) plus nipplenya aja yang se set emang isi 3. Murce pula ini botol jadi main ambil ambil aja. Terus beberapa hari kemudian mama ke diamond, dan liat yang emang udah dikemas dengan peristaltic nipple, dan warna warni botolnya ga cuma kuning, dan beli lagi 3. Impulsif sekali. 
So far ini favorit hanara dan nyai hanara. Katanya botol lain suka tumpah sebelum hana sedot.
- dr brown wide neck anti colic
Harga : 100an ?
Beli karena penasaran sama tube didalemnya dan iming iming "anti colic". Soalnya pas beli, mimi hana lagi agak waham hana sakit perut kebanyakan asip. Hihi. Sejujurnya ini nyucinya jadi repot dengan tube ditengah itu. 
- tommy tippee closer to nature
Harga : 100an (?)
Naha kalo yang ini beli karena kan biar ga bingput, hana mau dibiasain "mau" dengan puting jenis apapun. Udah gitu doang alesannya. Oiya sama packagingnya keren, elegan. (Khas mimi hana kalo beli barang)
- avent natural
Harga :100an (?)
Yang ini alesannya sama kayak tommy tippee tapi utamanya karena lagi masuk babyshop, ga ada yang menarik, tapi abis banyak tanya, jadi ga enak ga beli. Muahahahaha. 
- medela cup feeder
Harga : <50rb p="">
Nope. Bukan yang soft cup feeder 500rb itu, ini yang kayak gelas loki kecil. Brlum dicoba soalnya kemaren pas beli mama masi takut dan katanya tunggu hana 1bulan aja. Nanti kalo senggang minta mama coba ah.

Oh iya jangan lupa ya, asip ga boleh diberikan oleh si ibu! Harus orang lain. Dan kalau saya, pas hana minum asip, saya menjauh. Karena tiap ada saya, ntah dia liat atau dia cium bau asi seger ntah saya ini ada feromon, dia ga mau minum dari botol dan jadi cranky. 

4. Bottle Warmer
Crownbaby. Murce saja130an. Bagus. Udah titik ga punya review lebih lanjut karena emang fungsinya gitu doang. Beli atas saran temen. Tapi kayaknya merk apapun sama aja. Rugi banget kalo beli merk yang lebih mahal dari ini.
5. Sterilizer
Panasonic dish dryer. 800rb
Well beli ini atas rekomendasi banyak orang, kayak, hampir semua orang. Yaudah ga cari cari yang lain deh. Emang sih ini bukan bener bener sterilizer, lebih ke dish dryer kayak namanya, tapi saya pernah baca disuatu tempat, "ga usah terlalu mau steril lah, orang asi yang diminum langsung juga ga bisa sterilsteril amat". Perhatiin deh kalo nyusu langsung, itu puting kena pipi bayik lah, kena matanya, idung, baju, ntah apa2, belum di breastpad, dan emang yakin bra steril? 

6. ASI booster
Mungkin saya ga termasuk ibu yang dari awal struggling dengan asi yang lama/ ga keluar/ anak yang nangis kejer setiap disusui. Lets just say hanara and i is lucky to have each other. Tapi apakah no drama? No pasang surut? Ga! Saya juga sama dengan kalian, kadang asip seret. Saya juga kurangtau kenapa saya bisa langsung keluar asinya, cuma bisa jawab pake kata "mungkin". 
- makan sayur (katu)
Mama sudah paksa saya makan katu, dan jantung pisang tang emang sayur favorit saya, dari well awal hamil kali ya. Beneran dua ini emang saya suka banget dari kecil. Katu bening jagung is my most fave veggie dish. Waktu kecil bisa sepanci sendiri. Hamil terutama trimester akhir jadi makin sering, diselingi sayur2 lain. 
- susu kedelai
Rahasia umum kan ini ya. Saya minumnya yang fresh bikinan tukang keliling yang dateng kerumah tiap jam 10, kalo lagi bosen diganti es kembang tahu. Dan tahu/tempe juga emang selalu ada dirumah. Oh iya hanara suspek alergi susu sapi juga jadi miminya pisah ranjang dulu sama ultamilk, padahal biasanya bisa 3kotak sehari saking sukanya.
Mama pulang kemaren beliin mamasoya, ga enak. dulu pas hamil cicip vsoy multigrain juga, ga enak. ini udah order freshly brewed soymilk rasa-rasa, dianter kerumah, smeoga enak.
- air
Minum sampe kayak gelondongan. Saya sedia aqua 1,5L disebelah tempat tidur
- multivitamin
Ini dari hamil sih pake folamil genio, abis lahiran ditambahin lactavit, tapi minumnya kalo asi drop aja karena males. ( plis jangan ditiru)
- asi booster tea
Dikirimin gratis sama mbaknya, jadi kayak artis IG,, pas pula asip lgi drop 1/2 nya,, jd aku coba semua booster yang ada di sini plus si tea,, balik lagi deh ntah karena tehnya atau ga.
- cemilan
Saya lagi suka banget coklat Beryls tiramisu, kenalan awalnya ga sengaja dibeliin oleholeh mama afif ayu papa abis tur MY-SG, sekarang udah order online lagi. Enaaaaaaak. Rumah saya juga rmang dasarnya banyak makanan, jadi selalu ada cemilan untuk Raissa. Sekedar peyek teri pun jadi. 
Two most important booster:
- Bahagia. *aseeek*
Beneran loh tapi. Tiap lebih hepi, hasil pompa pasti lebih banyak.
-supportive supportsystem
Pokoknya seisi rumah, suami, emak bapak, ayah ibu ncang ncing semua yang terdekat yang harus mendukung. Atau kalopun ga mendukung berarti kitanya yang harus jadi tembok. Ga usah dipeduliin. We know asi is the best dan asi kita cukup. Titik. And again hanara and i are so lucky to have our system incredibly supportive to support us.

7. Sabun cuci botol
Sleek kan yang tutup ungu itu? (Malah nanya balik). Kayaknya sih sama aja merk apa juga. Gausah terlalu dipikirin. 

8. Breastpad
aja Nah satu ini penting banget! To keep your clothes smell nice and dry, bebas dari rembesan ASI yang tumpe tumpe. 
- little giant washabel pad
Pas hamil udah beli little giant washabel breastpads, isi 6, harganya 50rban kalo ga salah. Isinya ternyata rada tebel dengan detail brukat senada (putih)) di satu sisi. Ternyata baru sadar, saya itu senengnya dibelai. *eh*
- pigeon breastpad
Best!!
-preciousbee bdeastpad
(Ngantuk berat,?

9.  Lain-lain
Tissue selalu siap di samping tempat tidur. Hana kadang saya pakein bibs, kadang ya tisu aja di samping pipinya, biar ga perlu ganti baju abis mimik. Bantal menyusui ga pake yang gede, cuma ganjel tangan saya pake bantal kepala hanara aja. 

Udah ini aja aih kayaknya. Susah nyelesain satu pos dalam sehari bok. 

No comments:

Post a Comment