Sunday, June 1, 2014

surabaya part 2, MARI MAKAN!

like what i've always said, "what's holiday without wisata kuliner!" apalagi cuma ke surabaya. emang paling enak jalan dinegara sendiri kalo buat makan. nyari makanan halal banyaaaaaaak dan semua pasti sesuai di lidah. apalagi lidah yang sangat wide range "enak lezat" nya macam lidah aku ini. aku ini mau disodorin apa aja, mau makan, asal enak. jangkrik, bekicot, belalang, sayur mayur, buah, jeroan, apapun. nyaam. 

nah surabaya ini terkenal sama makanan enaknya. sebut aja, rawon setan, rawon kalkulator, kepiting, rujak cingur, pecel, apalah semua banyakm banget. kemren sampe googling "50 kuliner wajib kota surabaya", "30 makanan enak surabaya" dan sebagainya. demi demi ga mau rugi 10 hari disana dan takut nanti nyesel pas ketemu rang, trus ditanyain "eh kmaren di surabaya makan ini ga?".
itu temen2 amsa surabaya yang masih ada kontaknya sampe aku tanya2in juga, "makan apa aja nih enaknya". survei abisabisaan. dan donlot aplikasi makanan surabaya juga. haha. niat banget kan. 

nah, daripada ngalur ngidul, ayok lah liat review makanan enak surabaya versi aku dan kak aidyl. yang mau cari alamat lengkapnya bisa googling sendiri lagi ya. soalnya aku nulis cuma berdasarkan ingetan. mostly kita cuma pake GPS aja kok, dan sampe. kecuali bubur ayam dan bakso, semua aman pake GPS, dijamin ga nyasar.

bubur ayam depan STM sesuatu
 ini enaaaaak. rasanya enaaaaaaaak, harganya muraaaah, dan deket sama kosan, jadi ada3x si ayang makan disana. tapi sayang, ini warung pinggiran gitu, yang pake tenda, nah didalemnya agak bau ancing, jadi ga betah lama2. pagi2, apalagi abis ujan, makan bubur ayam jakarta gini, dengan telor asin jawa timur asli, secangkir teh manis anget dan seorang suami , pagi yang sempurna. nyemnyemngerenyem
telor asin di bubur ayam 
 noh liat telor asinnya, kuning telurnya itu loh. sekali dimakan keset2nya kerasa, putihnya ga terlalu asin, dan lembuut. haaaaaaa. enaaak.
pecel Boeratin (atau apalah tulisannya)
 menu sarapan lain yang menurutku sangat amat beraaaaaaaaat. gimana ga, ini nasi (hampir 1/3 porsi aslipadahal) + sayur pecel (isinya kayaknya toge, kemangi, kangkung ntah apalagi) + bakwan jagung + peyek teri + tahu, eh ini si ibu raissa dengan santainya ambil otak goreng (yang bulet disebelah kanan) yang harga satu bijinya sama kayak satu porsi nasi pecel. nyesel ambil otak itu. bah.
kata ndan, ini pecel yang paling terkenal. rasanya,,,mmmm,,,,rasa pecel. but yes, pecel ga bisa lebih enak dari ini. maksudnya, ini pecel loh, sayur rebus + saus kacang, what can you expect? rasa pecel pokoknya. aku ga begitu suka, biasa aja, rasa pecel. (ngulang lagi)
cilok abang pinggir jalan
 FAFORIIITTT!!! ada kali 5x beli selama disana. ini banyaaaaaaaak banget dipinggir jalan. buat pertama, aku cobain semua jenis yang ada. kan keliatan tuh, ada bakso gede, bakso kecil, somay, sama tahu. tapi setelah2nya, aku cuma beli pentol bakso kecilnya aja. 3rb aja udah cukup bikin perut keisi ga guna dan ngerasa penuh dosa sama si perut. why? ini pentol ga mungkin daging, kayak abi gitu, pasti banyak micin, dan dimakan pake saos sambel + kecap abal2. nah cocok kan. sebagai istri yang lagi program mau hamil, makan beginian berasa sebagai pendosa. tapi enaaaaaaaak. huhu. tinggal si suami aja merepet ga boleh sering2. pada intinya, istrinya ini suka makan bakso dan yg sejenis.

tahu pong bu rudi
 ini juga enaaaaaaaaaaaaaaak. aku pada dasarnya suka tahu juga (ini si icha ga sukanya apa? mm. ada sih, misalnya sayur nangka ga begitu suka. krn ngerasa enakan dijadiin buah nangka trus bikin es campur, dan orang2 merntuhkan impian para calon buah nangka mateng dengan menjadikannya sayur nangka diusia beli! *oke lebay*). balik ke tahu ini, dua kali makan ini. sambelnya itu loh, petis dikasih kecap dan cabe kayaknya. aaaa. i love petis. tau kan? makanan jawa timur yang item2 pasta, dari udang gitu. nyaaaam.

bebek sinjay!!!
 my other fave creature to be eaten. BEBEK! ayang sampe nyalahin bebek mbak nur atas kegendutan aku abis pulang dari stase sekayu dulu. hihi. ini bebek asli dari bangkalan madura, kota asal mamanya nyai dari mamaku (nah loh). so im my pure-palembang-blood, there's other tiny mix of madura and superduper tiny mix (ntah siapanya papa) with chinese. tapi itungannya aku ini pureblood lah, bukan mudblood. halah.

bebek ini sambelnya ada buah mangganya (kayaknya sih mangga, mungkin embem muda kali ya, atau kemang, ntahlah, pokoknya ada buah sejenis mangganya) dan superrr pedees. bebeknya sih sebenernya bebek goreng-asin biasa dgn kriuk2 aja. ga terlalu spesial. sebelumnya makan bebek pak janggut di surabaya, lumayan enak sih, seandainya bebek itu semasa hidup makan radda banyakan dikit biar gedean dagingnya.
ini tepat di pinggir jalan, dengan GPS ga susah kok nyarinya. tapi ya itu, kalo emang maunya makan yang aseli di madura (dia ada cabang di surabaya katanya, tapi ntahlah) dan sekalian pengen nyebrang via suramadu biar kalo ditanya "udah kesuramadu?" bisa jawab "udah doong") ya harus nyebrang via suramadu bridge dan nyetir lumayan lama ke bangkalannya.

kemaren kami kesana sore, udah harap harap cemas keabisan, sampe sana jam 3.30 kalo ga salah, udah mau tutup, lagi diberes2in gitu, tapi ternyata masih ada bebeknya! ndan sampe takjub sama keberuntungan kami bertiga sore2 masih kebagian bebek sinjay. jadi ini ceritanya nyulik si ndan ke madura. padahal tdnya ga ada rencana, cm mau ke pantai ria kenjeran aja, tp malah nyasar sampe madura. hihi. pulangnya k aidyl yg nyetir, ndan tepar. makasii ndan cantiik :*

bakso Pak Djo atau Bakso patramanyar
 nah iniiiii. JANGAN PERCAYA GPS per bulan mei ya kalo mau kesini. aku ga tau deh kalo pas kalian mau kesini, ini GPS udah dibenerin atau belum. jadi ceritanya tante irma udah wanti wanti, "kak, jangan lupa makan bakso di surabaya, cobain aja semua". aku sih pada ahirnya paling suka cilok abang pinggir jalan diantara semua bakso yang pernah aku makan disurabaya. pertama makan bakso di taman bungkul, biasa aja, kurang enak malah. trus dideket kosan ada abang jual bakso lontong, aku cicip juga sendirian (si ayang harus ke RS Soetomo tiap pagi, jd mostly cm sarapan roti), trus bakso ini deh.
waktu itu ceritanya malem2 kami kelaperan, pengen makan yang seger2, pilihannya rawon setan atau bakso. nah awalnya pingin bakso jadilah search "bakso terenak di surabaya" (kurang berjasa apa coba mbah google), hampir semua blog yang dikunjungi bilangnya "bakso Pak Djo petra Manyar", tapi katanya jangan pas bubaran anak petra, bakal ruuuaamee. nah pas kan malem2 makannya. jadilah kami men-GPS, eh ada, jalanlah kearah sana, lumayan jauh dari kosan, ada kali 20mnt daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan nyasar ketengah perumahan. zzzzzz. bete sekali.
beberapa hari kemudian, pagipagi mau sarapan, tanggal merah, tiba2 nyasar ke daerah "manyar" nah! nanyalah sama orang dipinggir jalan "sekolahan petra manyar dimana ya?" ditunjukin arahnya, dan voila! ketemu deh bakso nya. ini kan anamanya DESTINY!
buahahaaha. tapi mungkin karena ekspektasi aku kelewat tinggi, pas makan, ga terlalu spesial, enak sih, tapi kayaknya aku ga akan repot2 kesana lagi deh kalo kesurabaya. (tapi paasti bakal beli cilok abang pinggir jalan) :p
sate ayam dan sate daging,
sate klopo ondomohen
SUMPAH INI ENAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK! pokoknya ini best sate i've ever had lah. kayak pecel yang selalu rasa pecel, yang seenak enaknya ya tetep pecel biasa, sate juga harusnya gitu, tapi ini BEDA! sate ini ga kayak sate biasa (dipalembang juga ada sate daging manis yang ga biasa sih, tapi ini lebih enak). jadi kuahnya kacang sama kecap digabung dengan porsi sama (nah ini aja udah ga biasa, biasanya kan kecap aja atau kacang dengan sedikit kecap). terus satenya dibalut klopop atau kelapa kering gitu, baru dipanggang, trus dinasinya juga ada serutan kelapanya. aaaaaaaaa enaaaaaaaaaak. sekali makan aja langsung nyanyi "i'll be back" nya 2PM. dan beneran balik lagi beberapa hari kemudian.

sate daging, otot+jeroan,
sate klopo ondomohen lagiiiiiii
 pas dateng yang kedua, aku udah paham, kalo jenis isi satenya ga cuma ayam dan daging, jadilah aku makin menggila sebagai penggemar jeroan. kekekekeke. sate daging campur! isinya ada otot, hati, usu, dan ntah apa2 lagi. yang pasti, ENAAAAAAAAAAAAAAk.siapapun yang ke surabaya ga makan ini adalah orang orang yang merugi. (plis kalo ternyata lidah kita beda, jangan ditimpuk akunya).

sesuatu di eskrim Zangrandi
 ini ga enak. kayaknya udah lama gitu. pokoknya ga usah beli ini. udah makan eskrim aja disitu. sekian.

eskrim Love sesuatu di Zangrandhi
 karena semuaorangsukaeskrim, ga afdol kalo ga mampir lagi kesini. lagi? yup. ini kedua kalinya aku kesurabaya sebenernya, dan kedua kalinya makan eskrim ini. kalo mau cicip banyak varian rasa, beli yang satu ini aja. kmrn kami berdua udh kekenyangan, jd biarpun "there's always be place for desserts", cuma pesen satu ini eskrimnya. keliatannya kecil, tapi pas dimakan, lumayan banyak juga. yang enak, stlobeliii doong. kenapa? krn pink. haha
goreng goreng di rawon setan

rawon setan pisah kuah
rawon kalkulator
 AKU SUKA RAWOOONN. dan ini rawon paling enak sesurabaya. dijamin. jadi bahkan sebelum makan ini rawon, ada gundah gulana dihati pasangan muda ini, mending makan rawon setan, apa rawon kalkulator?sampe googling (lagi) "rawon setan vs rawon kalkulator", "lebih enak rawon setan apa kalkulaor", dan tidak mendapatkan jawaban. jadi aku akan bikin jawabannya versi aku ya.
rawon setan
plus:
- dagingnya beneran daging dan empuk banget
- bisa minta pisah kuah dan nasi
- ada rawon buntut
- tempatnya lebih nyaman

minus:
- lebih mahal (but hey, you pay the meat)

rawon kalkulator
plus:
- lebih murah
- tempatnya di taman bungkul, bisa sekalian ketaman
- bisa denger abangnya tambah2an itung sampe namanya jd rawon kalkulator (yang ternyata biasa aja)
- dapet kerupuk udang

minus:
- rawonya langsung dicampur sama nasi
- dagingnya ada tetelan2nya
- makannya tenda2 gitu, jd panas kalo penuh sesak manusia

duaduanya enak kok tapi. kalo lama disurabaya, cobain dua0duanya. sayang kami ga sempet nyobain rawon mayit di soetomo, padahal deket banget kosan. mungkin lain kali.

menu pak sadi

soto ayam ambengan pak sadi
 nah! ini sebenernya di palembang juga ada dan jadi salahsatu soto ayam faorit kami dan keluarga. ternyata di surabaya ada aslinya dan jauh lebih murah! rasanya, sama persis. senangnyaaaa.

lontong kupang
 abis makan ini satu sendok langsung sadar, aku ga suka lontong kupang. titik.
ini makannya di pujasera Kamboja (kata kak aidyl sih itu namanya, ini barusan nanya, aku lupa soalnya). makanhnya sama lettu (?) mico prama ganteng yang masih jomblo. bahaha. temen sma  ku yg sekarang jd TNI AL disana. harusnya ada foto rujak cingurnya (ini enaaak) juga, tapi kok nggak ada ya? sebenernya pujasera itu lengkap banget menu makanan khasnya, tapi ga tau deh rasanya enak semua apa ga.

almond cheese crispy wisata rasa
 INI! udah kayak mau beli ransum perang aja susahnya. yaampuuuun. ampe 3x dateng dan cm bs beli greentea pas pertama dateng! dedek emosi! absi orang2 kan pd nitip, jadi mau ga mau harus nyari kesono, dan emang penasaran juga sih sebenernya. dia bikinnya limited stock gitu per harinya. dari 3 varian rasa, cuma 2 dibuat perhari, dan itu rebutaaaaaan. hadeh capek deh. mau merk lain ada sih, tapi ini yg pertama, jd kayak ga asli aja kalo beli merk lain. akhirnya aku beli rasa original dibandara, harganya 2x lipet. bzzz. tapi ga apalah, buat nyicipin afif ayu.

sambel bu rudi
 titipan tante irma. ini aku beneran beli sambel segini banyak, sampe beli sambel aja totalnya mau 400rb. -_-

botok bu rudi
 botok yang halal. haha
kepiting cak gundul

nah ini juga sampe 2x kesononya. jadi ceritanya nanya sama boni dan papanya, makanann enak disurabaya, jadilah disuruh makan kepiting cak dul ini.enaaaaaaaaaaak. tapi kayaknya lada hitam punya meja sebelah lebih enak. tapi ini daging kepitingnya muuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaannnnnnnisssssssss banget! ga kumat alergi seafoodku. hebaat.

kami bahkan ke pasar malam Tjap Toenjoengan yang isinya makanan semua, tapi ga beli apa2 karena udah kekenyangan makan bebek pak janggut.

yang ga sempet kemakan :
-sego sambel yeye : ini bukanya jam 10 malem sih, dan sekalinya aku sm ayang bela2in mau kesana, eh ujan deres, bataaaaaal.

mission 99% accomplished! haha

No comments:

Post a Comment