Friday, June 6, 2014

Surat sakit oh surat sakit (dilema dokter umum)

Jasi dokter itu sering banget dihadapin sama dilema moril. Dilema ga penting antara keinginan pasien, keinginan dokter, dan keinginan pihak ketiga yang biasanya adalah pihak administratif, penguasa, atau biaya. Dilema inilah yg pada akhirnya suka bikin stress dan beberapa dokter harus bikin keputusan pahit yg kadang malah mengorbankan ego nya. Why? Karena dokter selalu dituntut untuk mengabdi dan memberi, ga ada yg memperdulikan kapan dan apa yg harus dokter terima.

Terlalu berbelit ya.

Contohnya ini aja, 
Suatu hari, aku gantiin praktek di pinggiran kota palembang. Disana, sistemnya dispensing, jadi tiap pasien yg berobat akan membayar 50rb, sudah sama obat. Berapa dokter jaganya dibayar? 15ribu rupiah, dan ini terbilang cukup besar untuk ukuran kota palembang. Ditempat lain, ada yg hanya membayar uang duduk aebesar 50rb, berapapun pasien yg harus dihadapi dlm waktu yg sdh ditentukan. Lebih miris lagi, temanku jaga di klinik dgn 30 pasien dalam 3jam, dan dibayar hanya 30rb alias 1000 rupiah per pasien. BPJS nama program itu. Iya. Miriiis. 

Tapi kalo ada dokter yg bilang "masa gaji jasa dokter yg termasuk didalamnya : anamnesa (wawancara singkat untuk mengetahui 80% diagnosa pasien)+ pemeriksaan fisik penting + diagnosa (muter otaknya trg apa yg sudah dia pelajari teorinya selama 5,5tahun + 1,5tahun jadi koas) + pemilihan terapi dan pengobatan (muter otaknya lagi biar tepat dosis, tepat guna), dihargai sama dengan parkir motor pinggir jalan".
Pasti dijawab, "kok dokter itung2an sih, dan malah nyamain diri sama tulang parkir yang ga sekolahan."

Ironi

Tapi ini ga seberapa lah, bisa ditahan2in aja, dan cepet2 sekolah spesialis atau pergi ke daerah yg masyarakatnya berani bayar dokter mahal.

Yang aangat amat ngemalesin itu, kalo kamu kerja di klinik jamsostek, dan penuh dgn pekerja yg dateng cuma minta aurat sakit doang. Sementara, perusahaan mereka udh ngebatesin keluarnya surat sakit, nah apalagi dtg nya cuma dgn diapepsia atau TFA. Menurut ngana bisa aku kasih!
Situ dpt surat sakit, saya kena semprot. Situ enak libur dirumah, saya harus bohong nulis diagnosa parah biar situ bisa santai. Dan ini tiap hari adaaaaa aja. Bikin esmosi. Bikin ga betah. 
I hate telling people the same annoying things like this.
"Ibu maaf saya ga bisa kasih surat sakit" macam aku ini orang jahat aja yang ga bisa nolong orang. Aku


Dan lagi nulis ini pasien bapil dtg minta surat sakit dan dy dr prusahaan x itu. Nyet. ;"(

Ini yg bikin ga betah disini. I hate arguing with my own mind, wether mau kasih krn kesian, tapi jadinya setengah ga percaya ini orang sakit beneran apa cuma akting.arrgghh

Beberapa orang ga bertanggungjawab sering menyalahgunakan surat sakit bikin orang yg beneran sakit susah dapetnya. People!

Nah ya, lebih parah, aku pernah tuh ddapet lagi pasien yg minta bikinin kuitansi, yang sakit anaknya, bapil biasa, tapi dikuitansi minta tulis nama bapaknya, aku masih nahan hati, aku kasihlah, sekedar bapil pikirku. Setelah itu pas mau tulis harganya Rp. 50.000,- si ibu bilang ,"dok tolong tulis 100.000 ya". Dan perdebatan pun dimulai
Aku (a), "maaf bu ga bisa, saya tulis sesuai yg ibu bayar"
Ibu pasien (i), "saya sering disini dok, biasanya bisa sama dokter lain"
A, "oh kalopun dokter lain bisa, saya ga bisa bu, saya ga mau bohong"
I, "kan itu itung ongkos saya kesini nya dok, biar diganti juga sama kantor suami saya"
A, "ga bisa bu, emang ibu bisa jamin saya ga ikutan dosa karena saya sudah nulis kebohongan ini? Ibu yakin dosanya ga ikut ke saya?" 
I, "ya ga tau dok"
A, "nah ya udah, ga bisa"

Gila apaa, itu uang haram tau! Omg! Aku nulis nm bapakny aja udh salah aebenernya, and she wanted me to twice the sins. Gilo!

Ada lagi, ini masalah rujukan. Kan orang yg mau dirujuk harus dateng, nah dilemanya ini rujukan bisanya pagi, dan itu anak sekolah pagi2. Coba yg salah siapa? Sistem administrasi lah. Bukan salah dokter atau pasienny. Ini sistem yg ga ikut mencerdaskan bangsa, masa org mau berobat cm bisa pagi.
Nah si ibu mati2an mau minta surat rujukan ke SpM buat periksa rabun anaknya yg lagi sekolah dan baru pulang jam 12. Dari depan udah dibilang ga bisa, masih ngotot mau ngadep dokternya dan minta sendiri"
A "maaf bu, ga bisa saya kasih, prosedurnya gitu, pasiennya harus dibawa"
Ibupasien (i),"tolonglah dok, ini anak saya sekolah, mana mau ujian."
Divelakang si ibu, orang kliniknya udh geleng2 bilang "jangan kasih dok" nah guwe mau gimanak!
A,"iya bu, saya bukannya ga mau nolong, tapi ini prosedur nya emg begitu, bukan maunya saya"
I,"tapi kan kalo dokternya ngasih ya bisa, anak saya miopia kok dok"
A,"iya bu, miopia atau ga nya, saya yg harus periksa dulu sebelum dirujuk,"
I,"saya ini dosen dok, saya bukannya ga mau bawa anak saya, bukannya ga tau atyrannya, tapi anak saya sekolah. Tolonglah dok sekali ini aja"
A,"nah ibu sebagai dosen harusnya tau dong, aturan itu ada buat dipatuhi bukan dilanggar. Aturan itu dibuat ada dasarnya bukan asal. Dan ini bukan klinik saya, dan bukan saya yg buat peraturan, jadi saya juga ga bisa nolong ibu."
Dan mata ibu itu sampe berkacakaca. Omg jahat bener aku sm org yg lebih tua. Tapi mau gimana. Zzz. Sesuatu.ini pas ditulis ga begitu panjang, aslinya ada kali 30mnt. Sampe capeeek rasanya.

Thus waste of time every doctor should face is none to care?

No comments:

Post a Comment