Sunday, June 8, 2014

Japan part 2, Itadakimasu!! (mari makan)

what traveling without wisata kuliner!

balik lagi ke quote ini tiap sebelum posting ttg makanan. hihi.
aku ini emang dari sononya suka banget makan, dan jenis makanan luar yang aku suka, selain chinese food, steak dan thai food, korean food, ya japanese food. kebanyakan diracuni manga kali ya. dulu sebelum ada japanese resto di palembang, tiap papa ke jakarta (which can be like once a month), papa selalu dititipin sushi, jadilah dia tenteng2 sushi gitu di bandara. ga kayak anak orang yang minta donat, anak papa 3 orang lebih karnivora dr anak2 kebanyakan yang sweet-nevora (suka makanan manis). tapi sempet kena demem beardpapa juga sih (nah ini jg tetep puff asal jepang).
manalagi papaku itu mukanya jepang banget, jd ya gitu deh, suka makan jepanglah kami satu keluarga. *oke ga nyambung*
haha

berikut ini makanan2 yang aku makan selama dijepang, yang semept didokumentasiin. semua enaaaaaaaaak. semua fresh. makan seafood mulu, tapi antihistamin ga satupun dimakan. hebat banget!
ini dipalembang, beli pempek abal2 dikit, DA nya kambuh dan harus minum antihistamin di kantong. *derita anak dengan dermatitis alergi*

menurut aku, jepang itu termasuk tempat wisata yang "moeslem friendly", kenapa, karena banyak makanannya terbuat dari seafood. tapi ya sebelum kesana kita harus udah tau dulu apa isinya apa dan emang udah cocok dilidah. intinya, cobalah resto jepang di indonesia dulu sebelum kejepang. rasanya gitu2 aja kok, ga beda2 jauh. makanan jepang rasanya bald, dan buat lidah aku yang ga suka makanan india, makanan jepang itu enaaaaaaaaaak banget.

info dasar yang harus kita tau buat bekal cari makan disana itu:
- daging = niku
- daging babi = butaniku
- belut = unagi
- sashimi = irisan ikan, gurita, mentah
- sushi = nasi yang dibungkus sama nori, isinya bisa macem2, mostly seafood
- nori = rumput laut
- onigiri = nasi kepal
- udon = mie jepang yang gede2
cus langsung aja..


  sayang lupa foto greentea icecream super enak di kyoto, dan juga cemilan sate2an guritanya. huhu. perasaan foto, tapi ga ketemu :(
lanjut buffet makan siangnya aja deh
fokus dinasinya aja, mind ikan2 ga menarik itu
 nasi jepang itu enaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget. makan nasinya aja udah enak, ga perlu lauk. aku disini bisa gendut kebanyakan makan nasi. huhu. nasinya pulen, empuk, liat, wangi dan manis. TOP. best rice i've ever had. pantes aja itu si sarang (the return of superman) kalo makanin nasi kayak enak banget. pantes aja onigiri yang cuma sushi sama nori doang enak banget. nasi nya men, nasinyaaaaa.

salah satu dami. 1 porsi 3150 yen
 siang makan yang diatas ini, malemnya, kami nyabu2. haha. makan shabu-shabu maksudnya. ini di meja disiapin seafood, daging sapi yang sangat menggoda (dan terabaikan) sama sayuran.
shabu-shabu

scallop
segeeeeeeeeeer banget shabu2nya. semua seafoodnya fresh, sayurnya fresh. dan tuh liat ada jamur favorit aku yang panjang2. (lupa deh namanya) aku suka banget shabu2 pake jamur itu. kimchi cigae pake jamur itu juga enyak. sluuuurrp, jadi laper.

besoknya, sarapan beginian. anyway, setiap pagi selama seminggu lebih, aku sarapan makan ikan, telur, dan miso soup. kan sarapannya selalu buffet di hotel, jadi gitu2 aja sih sebenernya. suka miso jepaaaaang. jauh lebih enak dari miso di indonesia. disini ga enak miso nya.


tuh liat sup miso nya, rumput lautnya itu looh, enak bangeeeeetngetnget. didalemnya ada tofu, dan itu dikiri atas juga tofu dengan soysauce dan potongan daun bawang. tapi ya, menurtku, tahu indonesia lebih enak dari tofu putih jepang. kalo tofu telur yang kuning sih sama aja rasanya, tapi tofu putihnya ga seenak tahu putih dirumahku. eh btw, aku ga suka tahu di surabaya, asem. itu dikanan atas ada nasi yang ditaburin bubuk cabe jepang yang juga enak banget. mirip boncabe (yakin ini boncabe yang jiplak), tapi lebih gurih karena ga cuma cabe. trus dipiring ada ikan tuna panggang, french fries, pancake dengan maple sauce, juice sesuatu, dan telur nyempil.

fermented soybean
 ini kayaknya "tempe" ala jepang deh. itu yang atas yang masih dikemas, yang dibawah udah aku aduk2 sama apapun yg ada dikemasannya. rasanya aneeeeeeeeeeeeeh banget, makan sesuap langsung mau muntah. trus kuning2nya ini bikin lengket. jadi pas diangkat pake garpu gitu, kuning2 itu udah kayak mozarella di pizza aja. nyeeeeeeeeetttttnngggg manjang2 gitu. (nah bingung gimana nulisnya). pokoknya ga enak. if you have to pay to taste this, just DONT.

coldboiled egg
  lupa sih apa nama sebenernya, kayaknya bukan coldboiled egg deh. somethinglah. intinya ini telur yang dimatengin dengan cara dibekuin. cemplungin aja ke batu2 es gitu, lama2 mateng kok. sama kayak eskrim yang ada di es serut. (pada pernah cicip ga sih? es serut susu yang diatasnya pake telor?). rasanya, aneh. soalnya dingin gitu kan. aneh.

nah siangnya di gotemba, itu makannanya lucuuuu. warnawarni gitu bentonya. dan udon nya enak bangeeeeeeeeeeetngetnget. mirip rasa gyuniku udon di sushi so deket rumah. lah tapi ga ada dagingnya yg di jepang ini. apa ada kaldu dagingnya?? *baru sadar*

porsi tiap orang, udon + bento
halo japanese man
 nih aku zoom in makananya. believe it, i finish it all. enyaaaaaaaaak sih
bento unyu
isinya tempura di kiri bawah, ke kanannya ada smoked salmon, telor dadar manis khas jepang (lupa namanya), kacang sesuatu yang jg rada manis. nah atasnya sayur mayur, ada rebung, jamur, buncis, ntah apakagi.
udon
 udonnya yaampuuun, rasanya mau minta bungkusin punya mama yang ga abis. saking enaknya. aaaaaaaaa. jadi pingin gyu niku udon sushi so. apa ajak ayang aja ya besok?  trus didepan gotemba kameya nya ada jualan buah2an juga gitu. gede2 banget. aku beli stroberi dan bluberinya. enaaaaaak. maniiis.


gede kan?

antioksidan biar cepet hamil :p
 malemnya dinner di hotel deket lake kawaguchi yang pake tatami itu. smua orang makan malem pake yukata, daaaaaaaaaaaan buffet nya juga luaaaar biasa.

sushi yang dipotong2 kayak kue

ntah apa, ga nyicip, abis ga menarik, haha

my first plate that nite, aku mondar2 ada kali 3 kali

apa ini?
 apa itu diatas kuning2??? pasti pada ga tau kan?? itu scallop dan anak pinaknyaaaaa. semua scallopnya lagi bertelur gini, ini kayaknya cuma diongseng bentar gitu, atau direbus bentar, ntahlah, pokoknya mateng, dan enaaaaaaaak banget. maafkan hamba sudah menjadi pembunuh para calon scallop muda penerus bangsa. maafkan.
piring kedua dengan nasi, miso, dan ocha
 nah ini selanjutnya sok diet (padahal piring kedua) isinya ikan2an, kentang, teri, sama kerupuk mama bawa dari palembang. hihi.

besoknya ke asakusa, makan eskrim terkenal ini. aku sama mama (papa ilang ntah kemana) cobain greentea sama sakura flavor. ENAAAK. itu yang sakura warnanya baby pink dengan kayak cacah2an sesuatu dengan tone pink lebih tua. rasanya unik, ENAAAAAAAAAK. AA MAU LAGIII

mama lagi gaya eskimo
 siangnya buffet lagi, ga begitu menarik buat diceritain, intinya tetep ada nasi dan miso dan nori.

yogurt strawberry and honey
 dengan sok chef nya, ngeracik sendiri plain yogurt yang ada dgn strawberry dan madu. enaaak.
trus jalan2 ke harajuku, dipinggir jalan ada abang2 (tsah lo kate abang bakso), ada gerobakan jual dorayaki mini. langsung colek2 tangan mama minta beliin. dan mama sambil kasih uangnya, bilang kata2 biasa "rakus bener sih kak". ah mamama. paham banget sih mam.

mini dorayaki
 ini rasanya miriiiiiiiip banget kue pukis pinggir jalan, cuma sedikit lebih "mateng"jadi rada pait. tapi enaaaaaaaak. dan karena lagi spring yang masih dingin banget dikulit tropisku ini, makan kue ginian anget2 abis dipanggang itu enak banget.

malemnya, makan para makhluk laut ini, ga tau ikan apa aja dimasak apa aja, cuma mau post doang. rasanya enaaak. * tetep*

ikan sesuatu dengan lobak kayaknya pake soysauce

ikan sesuatu panggang dengan bumbu apalah dan secumpuk minced garlic
 eh tapi ini garlic kayaknya beda deh sama bawang putih kita biasa, ga ada angurnya. rasanya bland banget gitu. beneran ga berasa apa2. apa dimasak dulu aku kurang tau juga.

tempura ikan + paprika hijau
 biasa aja rasa tempura
nasi goreng ala jepang
 ini beneran nasi goreng deh kayaknya. nasi dicampur aduk dgn ikan dan hal hal lain, nasi goreng lah ya namanya. haha. diatasnya ada nori2 kering dicacah tipis. menurut tante sri  (temen mama) rasanya aneh, buat aku sama papa, ini enak. haha

baby octopus
 nah itu baby octopus satu kayaknya mentah, mana dingin gitu rasanya. brrr. jadi mals makannya, cuma nyobain satu, trus ga mau lagi.

post ini sempet kehenti hanahini, sampe akhirnya siang ini, yang sangat amat panas sekali, ibu raissa lagi puasa dan ga jaga klinik sore, jadi ngepost blog deh.

nah, kan kemarin ke jepangnya pas banget sakura lagi fullbloom, yang katanya paling cuma 1minggu gitu full nya. paaasss banget pokoknya. the committe of WOC has carefully think about the date i suppose. jadi pas banget ada namanya hanami. ini kayak di kartun2 jepang gitu, mereka kumpul2 piknik dibawah pohon sakura, makan makan, mabuk2 gitu. pusatnya ditokyo ya di ueno park. ruameeeeee banget. stasiun TV jg pada ngeliput. dan duduknya harus nge-tag gitu, krn penuh. seandainya ketemu sarang sm papanya disana, pasti foto bareng!
uwiiih pokoknya kereeeeeeeeeen bangeeeeetlah. aku sama papa dua kali kesana. yang pertama karena aku mau nemuin shiori, temen AMSA Jepang ku, yang kedua karena abis kesana cerita ke mama (yang ikut conference) dan dia jadi pengen kesana juga. trus pas banget juga, disaat ini, ada kayak stan2 jual makanan gitu, samalah kayak pameran kuliner indonesia. uwwwiih. aku sampe khilaf. shiori sampe bengong aja liatin aku pesen iniitu. mumpung jalannya sama orang jepang, jd tinggal tanya dia aja, ini apa itu apa, ini ada babi dan daging atau ga, ini seafood atau apa. makan jadi mudaaah.

soup
ini yang pertama aku beli sama shiori. dia tau aku ga makan daging, ayam, dan babi dan semua yang ada unsur itu kecuali telur. sebenernya pas baru sampe, aku sama papa sempet ke minimarket buat beli roti sama minum, tapi ga difoto karena biasa aja. nah ini sup segeeer bener rasanya. enaaaaaaaaaaaak. isinya beragam hal. itu yang putih bulet telur ayam rebus, yang abu2 konyaku (yang nonton doraemon pasti tau ada alat ajaib nya yg namnaya "konyaku penerjemah", nah inilah si konyaku, kalo ga salah dr rumput laut), lobak, nori, yang panjang ada totol coklatnya itu odeng (fishcake) yg rasanya mirip otak2, wortel trus lupa. hehe. pokoknya enak banget makan ditengah dingin2. sluuurp

jalan dari ueno park kearah ueno pond, dibelakang ueno zoo, ada jembatan yang sepanjang jalannya stand makanan gini.

stand2 makanan

cumi bakar favorit!!

mama numpang foto, nyesel ga nyicip ikan ini

mie tumis, ga berani beli
pisang coklat enaaak


CUMI!!!!!

i so in love with you squids :*
biarpun aku tetep paling suka cumi bakardi thailand dengan sour spicy sauce nya. ini juga enaaaaaaaaak. aaa cumi kenapa enak sekali.
mantau bakar
rasanya biasa aja rasa mantau, nah tapi ini dibakar pake saus manis gitu. enak loh.
tteokpokki
tteokpokki!!! ada makanan korea nyasar disono. dan aku beli dong. atas dasar rasa kekoreaan. *halah*

kayak sudah aku bilang diatas, aku dan adik2 suka banget makanan jepang, tapi diantara kami bertiga, dua adik2 (yang emang tinggal dua) sukaaaaaa banget makan takoyaki. akan ada satu dr 29 hari puasa ramadhan dan mereka berdua pengen buka pake takoyaki!selalu ada waktunya kami jalan di mall dan dua anak ini nenteng takoyaki sambil makan dengan lahap sambil kakaknya ini ngerengek minta satu doang. ga suka aja makan seporsi, enek kebanyakan. jadi, karena mereka, para dek koas, ga bisa ikut kakak sama mama papa nya ke jepang, mereka sampe bilang. "kak please makan takoyaki jepang, plis makan untuk kami dan foto". LE BAY ga sih. haha. tapi akhirnya aku turutin, kebeneran di ueno ada yang jual takoyakinya.



takoyaki gede2 lagi dibikin
liat dong kaki guritanya. INI BARU GURITA


lucu bener si gurita ituu
kak icha dan seporsi takoyaki
aku kira nemuin takoyaki di jepang itu semudah nemuin abang bakso diseluruh penjuru indonesia, ternyata ga. mungkin karena negaranya udah teratur kali ya. semua hal udah ada tempatnya masing2. hmm.

jadi apa beda takoyaki asli jepang sama takoyaki yang dijual di mall2 itu?
di jepang:
- ukuran buletannya lebih gede
- isinya lebih padet
- bawangnya lebih banyak
- potongan guritanya lebih jumbo dan kerasa
- mayonesnya lebih enak
- cumi keringnya melimpah ruah

so jangan lupa cicip takoyaki kalo ke jepang yak

shabu-shabu udang, tahu dan sayurmayur

fish fillet with japanese salad
pas jalan berdua aja sama papa, kami makan siang di restoran sushi modern yangpake meja jalan itu loh, tau kan, aku ga tau apa istilahnya, yang bikin beda, kita ordernya pake tab yang ada dimeja masing2, nah terus selesai di order, akan ada semacam "kereta" di roller itu berisi sushi pesanan kita. sayang ga aku foto jelas, malah si rakus cuma foto makanannya aja.



ga usah dijelasin satu2 udah pada tau lah ya. ini makanan enak banget bernama sushi.

menu di doraemon museum
sayang aku di museum ini cm bentar, dan restonya penuh banget, aku sm papa cm beli snack gitu dan dorayaki, ga sempet makan.
besok siangnya pas makan cm bertiga bareng mama apap, as usual kami masuknya ke resto sushi yang jelas bisa makan sushi seafood. dan pesen ini:

GILA INI ENAK BANGET
dan dua porsi gede aneka sushi. nasib masuk restoran yg cuma jual sushi traditional, no mayo, no fusion sushi. tapi karena semua segeeeeeeeer banget. jadi rasanya TOP.

sushi package
pas di disneysea, kami pilih restoran yg juga japanese food dengan harapan bisa makan ikan2an. ternyata pilihannya tepat banget.  ikannya enak2, cuma siap2 aja kantong bolong, harga makanannya mehoong. untung sama mama papa.
salmon salad

lupa ini apa namanya, pokoknya daging2 ikan dikasih saus . ini enaaaaak
malemnya, makan ini sebagai highlight. kepiting!!!
crab soup
nah buat oleh2 makanann, jangan lupa beli kitkat green tea yang lagi in dan tokyo banana. tokban akhirnya aku beli di bandara krn ga sempet ke tokyo skytree. trus kitkat aku malah beli 5 macem krn semua tempting gitu. tapi yg paling enak sih yg greentea emang. itu si afif masih nyembunyiin beberapa di kulkas buat dia makan kalo lagi pengen. sesuatu.

kiri atas: kitkat panggang, kitkat cheese cake spesial fujiyama, kitkat cheesecake daerah apa gitu
kiri bawah : kitkat wasabi, kitkat greentea 
5 macem kitkat yang aku beli

jangan lupa selalu pesen OCHA atau japanese greentea ya buat minumnya. dan cicip MATCHA ice cream atau eskrim greentea nya.

sayang banget ga sempet makan sashimi langsung di tsukiji market. padahal kan pasti enak banget salmon sahiminyaaaa, trus kepala salmon teriyaki. maguro... tuna...aaaaaaaaaaaarrrrggghhh.
there'll be next time. laen kalinya sama kak aidyl dan anak2. amiiinn

psstt.. kemaren nanya sama kak aidyl, "yang, boleh ga adek ikut temen2 ke korea?". 
ayang, "kapan?"
me, "agustus september gitu"
ayang, "nanti aja ya ke koreanya sama kyai"
me, "oke" dan malah senyum2 sendiri. padahal tau, pasti masih lamaaaaaaaaaaa banget "nanti" nya itu. tapi aku akan siap menanti duhai kakanda. *tsah*

No comments:

Post a Comment