Wednesday, June 11, 2014

Ibu tua dan mbak muda

Dua kejadian yang sangat amat ironis menurut saya. Sangat amat bertolak belakang. Satu bikin emosi, kesel. Satu lagi bikin nelangsa.

Cerita 1:
Seorang ibu masuk kedalam ruang periksa saya.
S : " silahkan masuk ibu, apa keluhannya?"
Ibu (I): "kepala saya sering sakit dok,"
Dan lalu terjadi anamnesis dan PF singkat dokter-pasien mengenai sakit kepalanya.
Saat saya sedang menulis resep, tiba tiba
I : "dok, saya pas awal nikah Pake KB nah ini udah satu tahun lepas KB nya, tapi belum juga punya anak"
S :"oh, itu harus diperiksa lengkap ke dokter obgyn bu, yang ahli infertilitas"
Dan tibatiba saya sadar, ini ibu udah ga muda lagi, saya balik rekam medisnya, ternyata usianya tertulis 39tahun.
S:"ibu brp usianya?"
I: "40 tahun dok"
S: "maaf ibu, ibu usianya sdh susah untuk hamil, dan kehamilan diatas usia 35tahun itu berisiko tinggi buat ibu dan janinnya"
Mata si ibu jadi berkaca kaca. Dia cuma bilang
I: "gitu ya dok?"
S:" iya bu"

Ini dokter hatinya jadi ikut nelangsa. Ngebayangin betapa inginnya si ibu punya anak. Jadi inget diri sendiri yang suka ga bersyukur karena nikahnya diusia muda. Masih ada beberapa tahun untuk terus berdoa dan berusaha. Nauzubillahiminzalik. Jangan sampai terjadi sama saya apa yang terjadi sama si ibu:(

Kakak/Abang bayiiii cepetan doooong berkembang didalem uterus mama. Ga sabaaar lagiiii. Biar nanti kita bisa jalan2 bareng loh loh loh. Trus biar bisa cepet punya adek lagi. Hihi

Cerita 2:
Ini saya diceritain sama temen baik saya.
Suatu sore di klinik pinggiran kota palembang. Sebuah mobil jazz dateng, dan turunlah dua cewek muda, cantik, nenteng2 iphone. Satu rambut panjang, satunya pake jilbab. Setelah proses administrasi, Masuklah mereka keruang periksa.
Cewek 1 (c1): "dok, kami mau minta tolong disambung lagi keperawanannya"
Dokter (D): "hah? Mana bisa di tempat praktek dokter umum gini mbak"
C2: "kata orang bisa dok didaerah sini nyambung keperawanan, tolonglah dok, kami berani bayar berapa aja"
D: "ga bisa mbak disini, bukan masalah mau bayar berapa, kalo mau ke dokter spesialis obgyn yang emang bagiannya kearah sana."
C1: "tolonglah dok, kami harus bener disambung lagi keperawanannya. Saya sdh bisa masuk 1jari, temen saya dua jari. Ada temen dokter yang bisa?Dimana?"

Geloooo jd dimasukinnya jarinya sendiri buat nilai??? Tussae mbak???

D:"dokter umum ga bisa mbak, emang buat apa sih, kalian masih muda banget.nikahlah aja kalo ga"

Temen saya mulai agak kepo.

C2:"kami sudah putus sama orang yg ngerusaknya dok. Saya mau nikah emang, sama polisi, saya takut pas nanti diperiksa sama ibu bhayangkara dan ga perawan lagi dok. Temen saya ini (yg pake jilbab) mau masuk kedokteran, takut diperiksa pas ujian masuk nanti."
D: "oh, setau saya masuk fk ga diperiksa kok"
C1:"katanya tahun ini diperiksa dok"

Temen saya nanya saya, dan saya jawab ga tau juga. Masa sih?

Trus mereka pulang dengan masih pusing mikir gimana nyambung hymen.

Cerita dibuat sedemikian rupa tanpa mengurangi atau melebihkan esensi nya.

Kayaknya rusaaaak udah dunia ini. Kasian banget sama ortu dua anak ini. Ntah siapa yg salah. Nauzubillahminzalik. 

Terimakasih Ya Allah telah menjaga aku sampai dimiliki suamiku. Dan jagalah selalu saudari2ku, dan sahabat2ku dari zina. Amin


No comments:

Post a Comment