Wednesday, June 15, 2016

Breastfeeding story : the beginning

This post will told you about milk and milk and milk.
Maaf ya yang lagi puasa. Mimi hanara masih belum puasa. Hehe

asip hanara itu udah kayak love hate relationship sama mimi dan hanara. We hate it because giving hanara's pumped milk means giving her bottles dan mimi takut hanara jadi bingput aka bingung puting sementara hanara pasti juga lebih suka dipeluk mimi dan minum ucucuk fresh from the oven. Oiya ini miminya gara2 ntah kenapa abis lahiran makin gampang keringetan jadi bilang ke hana "kakak mau mimik ucucuk? Ucu mimi bucuk?" Sampe ada nadanya sendiri, "mimik ucucuk, ucu mimi bucuk, mimik ucucuk ucu mimi bucuk". Aneh banget ya, tapi Jadi keterusan. Hihi

Nah balik lagi, takut bingput kok pake dot? Pertimbangannya cuma satu sih, kata nyai hanara, dari pengalaman dy, ga pake dot bikin anak malah keselek2, dan nyusahin yang ngasuh. So semua cuma biar yang kasi hanara asip lebih mudah. Was was pake banget, iya. Tapi argumen mimi hanara gimana juga tetep ga kuat. Untung si anak pinter ga bingput, bahkan sampe sekarang ga bingput. Favorit hana (dan semua support system hana yang ngasih asip) pigeon peristaltic nipple! Tapi kayaknya dot dot hana perlu post sendiri, secara atas dasar takut bingput ini si mimi impulsif beli beberapa dot. Pigeon, avent, tommy tippie, ntah apa2. 

the golden of golden liquid
My first golden liquid pumped, 14 may! Alias 2 hari setelah hanara lahir,, percobaan perdana hana pake dot, pilihannya jatuh ke... Pigeon peristaltic nipple. Bawa yang ini karena pas awal emang cuma punya botol pigeon, ada yg 50ml sama yg 150ml 2pcs. Botol lain baru dibeli (digojek/nitip/beli sendiri) beberapa waktu setelah lahiran.

Datuk (kakek) nya hanara which is my dad aka my obgyn aka my residency-headmaster dari hari pertama hana lahir udah koar koar, "ajarin pake botol nanti kak icha balik sekolah dia ga mau pula", "pake botol dot bisa hanara?", "hanara mau pake dot kan", "hana udah coba dot?". Jengjeng. Dari awal mimi dan hana selalu diingetin bakalan dipisah suatu masa melelahkan bernama "sekolah". Tidaaaaaaaaaak. 
(Ini nulis sambil nungguin SPA nya kakak hana buat vaksin BCG,,hananya bobok digendong nyai) 

11 colostrum hanara
Kumpulan kolostrum mimi yang ga mampu diminum hanara langsung, jadi setelah kolostrum mimi abis, hanara mimik asip kolostrum yang udah di freezer. Lebih banyak dapet kolostrumnya si cantik. (Ga tau sih ngaruh ato ga) 

hana dan nyai
Ini orang pertama yang kasih asip ke hanara, wanita yang sayang sama hanara sebesar sayangnya mimi. Yakin bener mimi. Sampe dibikinin lagu kamu nak. Lagunya gini, "anak tapo anak tapo, nyainya udah lupo, dikira anak nyai, rupanya anak mimiii". Iya, ini nyai nya hanara, mimi's first love. Loved deeply by two woman, how lucky you are analakuu. (Biasa kan orang kalo ngomong sama anak kecil suka soksok cedal, tau sih ga boleh, tapi lucu aja, anaaaalaaa)

Sampe sekarang ( pagi ini tgl 16juni) hanara mau minum asip dot, cuma kayaknya ini makin susah gitu, tapi kalo kebanyakan dot, dia mimiknya yang susah. Mamak dilema nak. Mamak gimana ninggalin kami balik cekolah :(


Nemu ini,, lucu ya. Tapi asi itu emang hebat banget nget nget. Seriously a gift from God to both mom and her babies. 

rusak
Oiya asip jangan penuh2! Nih begini jadinya, retak ato menumbung (?). Tapi sebenernya yang kiri keliatan tuh cuma 150ml,, harusnya 120ml aja ya.

Mimi pompa pake apa?
manse
Reviewnya ada di IG ku @dricharaissa, review buat giveaway biar dapet pompa lain. Hihi. Tapi sih itu honest review secara ini my one and only pump. Sejujurnya, i feel ibu2 yg beli ato sewa banyak jenis breastpump, even dari brand yang sama. Tempting banget! 
Karena pasti ada rasa penasaran "bisa lebih banyak ga ya kalo pake bp lain?"

Alhamdulillah asi hanara selalu dicukupkan. Iya mungkin karena "hanara cewek, mimiknya ga kuat kayak anak cowok". Sumpah sebenernya rada sensi dan kesel  denger ada yang bilang gini, apalagi abis liat asip hana di freezer. My milk monster di umur sebulan ini mimiknya udah 100an ml,, lagian emang ibu cowok komposisi asinya 2x ibu anak cewek, bukan jumlahnya. And every drop i pumped or breastfeedrf my hana is not for anyone to advice/judge unless i ask for. Ato paling ga, jaga perasaan buteki ini, ga usah komen deh. Huhu.

Eh tapi serius, ibu meneteki alias buteki itu tetep sensitif kayak bumil loh. Sekali suami bilang gini, "ayang kan dirumah aja ga ngapa2in", and i feel a sword stabbed my heart. "Iye ga ngapa2in, cuma ngasih asi anakmu tiap 2jam, gendong dy, gantiin popok, mau gantiin?" Buteki itu as tired as hell tau ga. Plis, hargai dan puji, terus beliin makanan biar hepi. Hihi

si pejuang ASI
Boleh ya narsis dikit si ibu 60kg dan ga turun2 lagi

happy 4 wks
Oiya ini kado hanara 4minggu-an yang surprisingly ( for me) ga tepat sama sebulanannya. 4 minggu hanara Lebih cepet 3 hari dari tgl 12 alias dari satu bulanannya.

290 ml
Nah kalo ini rekor mimi, 290ml sekali pump dari 2 PD, abis kakak hana mimik. lumayan. Banyak yang lebih banyak, tapi ini difoto buat booster sendiri.

1 mo !
Yang ini pump pas hana 1bulan, oiya itu stiker di botol aku kasi nomer di kiri atas jadi tau deh udah berapa botol. 1bulanan hanara nomernya 122 yang pagi.
Biarpun penuh drama, akhirnya hanara bisa satu bulan (and still counting until 24 mo) asix. Selamat nak, we can make it happen! Semangaaatt ya kita! Jangan biarkan apapun menghalangi!

Drama apa? 
Drama asip satu freezer 2 pintu alias 3rak, CAIR! Huhuhu
Nangis bombay mimi mu nak. Pas hari pertama mimi harus pergi pelatihan pula. Beneran nyetir sambil nangis sesegukan. 
Sampe mama juga ikutan panik, nelfon SPA nya kk hana. Googling dibilang HARAM dibekuin lagi, harus habis 24jam. Emang hanara sapi gelondongan? Mana bisa ngabisin semuanya. Nangis2 nanya temen2 deket, katanya kalo masi ada inti bekunya masi boleh dibekuin lagi, yang ga atau dengan kata lain udha cair sepenuhnya, harus pindah kulkas bawah dan diminum dalam 24jam. Yang cair semua kira2 20botol, sisanya masih ada inti beku. Itu juga yang misahin ayu karena mimi harus pelatihan di rumahsakit. Huhu.
Sayangnya yang salah emang saya, kayaknya malem keluarin asip buat kak hana mimik, lupa tutup pintu freezernya rapet2. Jadi kesel bener sama diri sendiri, tapi ga bisa nyalahin siapa2.
Sampe rumah sorenya udah pasrah banget. Males ngurusin asip. Karena sadar sepenuhnya salah diri sendiri kali ya. Eh mama bawa kabar yang sesungguhnya saya bingung harus seneng apa sedih. Kata DSA kakak hana, asip yg cair itu masih bisa dibekuin, tapi harus habis dalam 1bulan, nah tiap mau minum pastiin tidak gumpal dan tidak bau tengik atau asam.

Nih satu baris asip cair,,huhu

asi kuuuuu

Kenapa sedih? Soalnya biarpun kata mama "sayang banget itu banyak asi nya", saya takut hana kenapa2 minum susunya. Mama,"kalo basi dia ga mungkin mau, lagian DSA yang bilang". Jadi di tes ke hana, eh dia mau, sampe abis itu botol2 asip cair kira2 1,5minggu karena sehari bisa 2 atau 3 yang di panasin dan kasi ke hana, ada bencana berikutnya. Sisa yang di freezer cair lagi! 

Speechless.
I feel like a real loser. Ga bisa nangis lagi saking speechless nya.
Tapi sisa asip masi tetep dibekuin karena mama "sayang" dan seriously banyak banget, mungkin ada 60botol. Tiap mau dikasiin ke hana, aku denial, tp dianya mau, jadi akhirnya aku nyerah dan biarin aja. Sampe akhirnya pas imunisasi cerita lagi sama DSA hana, dibilang "itu asip ga basi kok, tapi cuma tinggal kalori aja, semua sisanya udah rusak, jadi kalo diminumin ya cuma kalori, kenyang aja hana nya". Kesimpulan mama --> asip itu bisa diminum hana sebagai cemilan. Yasudahlah. 

You still have me home hanara, tenang, i'll make sure you get the fresh one most.
Oiya sore itu juga akhirnya mama dan kak aidyl beli freezer baru 6 pintu! Panasonic. Kayak gini kira2, (males foto)
freezer asip
terus order pengaman laci/kulkas juga online, karena shopee lagi free ongkir. nyahaha. terus ternyata ya, itu freezer emang susye banget bukanya bahkan tanpa pengaman. semoga ga ada lagi drama asip cair abis ini. amin. 

No comments:

Post a Comment