Thursday, June 2, 2016

Namaku Hanara Fatimah Raay

my first jeans

Hai semuanya,,
Namaku :
HANARA FATIMAH RAAY

Simpel kan namanya? Kata mimiku, suatu saat aku akan bertanya pada mimi dan abi, apa artinya namaku? Kenapa namaku hanara? Dan beginilah mereka akan menjawab.

"Hanaraku, 
hanara itu dari kata HANA dan RA,
Hana itu berasal dari 3 bahasa dari 3 negara favorit mimi, arabic, japan dan korea.

Dalam bahasa arab, Hana atau ditulis هَنا , artinya adalah Happiness, kebahagiaan
, karena sejak masih berwujud garis dua di testpack mimi, kurang dari 4minggu setelah tanggal 17 agustus 2015, hana adalah kebahagiaan besar bagi kami berdua dan seluruh keluarga besar kita. Kau adalah doa kami ditiap sujud terakhir dan sehabis solat yang dikabulkan Allah. Robbihabliminas solihin. Robbihabliminladunka zuriyatan toyyibatan innaka samiuddua.
Lebih dari itu sayang, kami titipkan doa dalam namamu agar kau selalu bahagia, didunia dan di akhirat.

Lalu namamu juga ada dalam bahasa korea, negara yang mimi mu simpan dalam list "where to go next" karena tidak ingin hanya kesana untuk sekedar berlibur semata, mimi bermimpi suatu saat bisa shortcourse atau melanjutkan pendidikan disana. negara yang mengenalkan mimi mu dengan banyak teman baru, mengisi masa lajangnya dengan konser, fandom, reality show, drama. 
Namamu hana, 하나 begitu tulisannya dalam huruf korea yang disebut hangul. Sebuah bahasa dengan huruf2 indah yang dipelajari mimimu selama hampir 1tahun. 
하나 artinya satu, karena hana adalah anak pertama kami yang lahir kedunia, kamulah yang pertama yang akan mengajarkan banyak hal untuk sepasang suami istri yang masih belajar ini. Yang pertama memberikan banyak hal berharga, kenangan, perjuangan, harapan dan mimpi. Tangismu adalah yang pertama memecah penantian kami selama dua tahun. Senyummu adalah yang pertama yang akan selalu kami cari di pagi hari. 
Dan kami titipkan kembali doa kepada Allah SWT agar hana kami, bisa selalu menjadi yang pertama dalam tiap langkah hidupnya, semoga hana srlalu berusaha menjadi yang pertama tanpa kenal putus asa, gigih berjuang dan berdoa. Jikapun suatu waktu hana akan gagal, maka hana akan kembali kepada namanya yang utama, untuk tetap berbahagia.

Terakhir, namamu juga ada dalam bahasa jepang. Negara yang menemani mimimu dari kecil dengan kartun2nya, komiknya, game nya, makanannya, sebuah negara adidaya penuh impian. Belajarlah kedisiplinan dan kejujuran dari orang2 negara itu nak. Namamu hana, 花, 華, artinya BUNGA. Karena seorang anak perempuan selalu menjadi bunga bagi keluarganya, dan kau adalah bunga kami. Bunga yang cantik dipandang dan cantik hatinya serta harum namanya. Ketika seorang menilai tanaman berbunga, maka bunganya adalah yang pertama dicari. Maka nak, bersama namamu kami titipkan pesan, orang akan menilai keluarga kita dari dirimu, bunga kami, maka jagalah harum namamu, jagalah hatimu dan jagalah auratmu. Doa kami agar Allah SWT menjaga hana kami selalu.

3negara yang ada dalam namamu ini semoga menumbuhkan keinginanmu untuk menjelajah indahnya dunia Allah. Belajar lebih banyak bahasa. Sekolah yang tinggi dan berteman tanpa pandang bulu. Semoga Hana selalu menjadi bunga pertama yang berbahagia. 

Sebenarnya namamu seharusnya adalah HANAAYRA, 
Hana + ayra
Ayra bisa berarti AidYL dan RAissa, tapi dalam bahasa arab dibeberapa website disebutkan ayra juga berarti respectable, terhormat. Sampai dengan H-beberapa hari sebelum hana lahir, kami berdua iseng googlesearch lagi ayra dan masuklah kami ke web quranicnames.com dan ayra berarti "the one without owner". Abi langsung tidak setuju dengan kata ayra. Setelah semedi lama, akhirnya kami putuskan memberimu nama HanaRA saja. RA itu sebenarnya hanya imbuhan, walaupun bisa juga berarti inisial nama kami berdua, tetapi semoga tidak akan merubah arti namamu.

Lalu kau akan bertanya, kenapa sepertinya mimi saja yang memberi nama hana? 

Tidak nak, abi lah yang memberi nama hana, 2 tahun menanti kamu, ada banyak list nama indah yang harus mimi relakan karena sudah dipakai orang2 disekitar mimi untuk nama anak mereka, suatu hari saat nama yang benar2 mimi suka dipakai lagi, mimi menangis, lalu abi hana bilang, "nanti jika kita punya anak, mimi boleh kasi nama apapun yang mimi suka, asal artinya bagus" dan dia menepatinya. Abi yang memberi izin mimi adalah yang sebenarnya memberi nama hana. that's how sweet your dad is. 

Untuk "FATIMAH", kami sepakat untuk memberi nama satu dari 4 wanita yang dipastikan masuk surga, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah istri Rasulullah, Maryam ibunda Isa, atau Asiyah istri firaun. Kami memilih Fatimah untukmu nak, agar kau bisa menjadi seperti dirinya, agar kau bisa belajar darinya, dan agar kami bisa belajar dari ayah ibunya, Khadijah dan Muhammad SAW, dan menjadikan mereka tauladan pula. "Fatimah adalah aku" begitu kata Rasulullah SAW. fatimah adalah anak kesayangan beliau, seorang anak pemberani dari manusia paling utama dimuka bumi. Anak dari manusia kesayangan Allah SWT.  anak yang berbakti pada kedua orangtua, anak yang menjadi pengganti ibunya yang telah tiada dalam mengurus ayahnya, istri yang solehah, ibu dari anak2 yang baik, dan seorang penghuni syurga. 
Semoga hana akan menjadi seperti Fatimah azzahra, seorang pemberani, solehah, anak berbakti, kebanggaan abi nya, istri dan ibu yang baik, penghuni surga, dan akan membawa mimi dan abi ke surga pula. Berkumpul bersama di surga kelak adalah doa terbesar kami nak. Amin Ya Robb.

Awalnya namamu Fatima tanpa H, tapi nyai dan datuk protes karena nama anak Rasulullah Fatimah memakai H. Akhirnya namamu ditambah H, dihari kedua kelahiranmu.

Terakhir, Raay akhirnya adalah "marga" yang kami pilih untukmu dan adikadikmu kelak. It just simply from our name RAissa dan AidYl. Artinya anak kami berdua. Hehe.

Semoga nama yang kami berikan, yang dihari ketujuh kelahiranmu telah di aqiqahkan seekor kambing untukmu akan menjadi berkah dan doa yang diijabah Allah."


Kami yang akan selalu mencintaimu,
Abi dan Mimi

No comments:

Post a Comment