Saturday, July 2, 2016

Breastfeeding: Tips and tricks

Pos kali ini masih tentang menyusui, biarpun newbie mimi hana mau bagi tips dan trik menyusui ala mimi hana yang sudah terbukti. Harus tetap diingat, bisa mengASIhi dan mendapat ASI itu rezeki, dan rezeki tiap orang itu berbeda. Ada yang dikasih Allah rezeki mampu memberi ASI, tetapi anaknya harus menghadap Allah duluan. ada yang piatu segera setelah lahir. Ada anak yang bingung puting, lip tied, tounge tied, dengan penyakit bawaan. Ada ibu dengan sakit menular, asi keluar lambat, asi tidak keluar sama sekali, asi "sedikit". Bahkan rezeki saya dan hana untuk saling mengASIhi tidak bisa saya jamin lancar sampai berapa lama. Doakan semoga Hana bisa tamat S3 ASI ya. Saya tidak berani terlalu berharap karena sebentar lagi harus kembali sekolah dengan waktu "kerja" lebih parah dari any working mom. Just name a job that has working time more than the lowest-rank obgyn residency. Ga adaaa. Doain mimi, hana dan ASI hana ya om tante semua. #ASIuntukhana #ibubahagiaasinyabanyak #pejuangasi

Jadi ala ala instagram gitu ya. Kapan mulainya coba, prolog teruuss. Sekali lagi ya, this worked on me, may not work on you.

Langsung aja yuk cekidot:
Sebelum lahiran: 
1. Booster ASI natural diminum! 
Termasuk didalamnya : sayur katu, susu kedelai, kacang2an (saya sih peyek kacang, almond atau kacang2 arab), multivitamin (folamil genio sekalian buat hamil)

2. Massage payudara 
Dari usia kandungan 8 bulan. Saya biasanya saat mandi, karena mandi emang pakai air hangat keran, jadi sekalian. Ingat, berhenti jika kontraksi! (Most of the time bakal kontraksi kalo kelamaan). Search aja di google.

3. Senam hamil 
Well, mungkin memang tidak pengaruh langsung ke ASI, tapi paling tidak membuat fit dan happy. Saya yoga/pilates dirumah, dengan modal DVD beli di gramedia sama bola pilates yang emang udah ada, ga rutin sih, asal suka aja dari trimester satu. Oiya senam hamil setelah 8bulan di hermina tiap sabtu pagi. (Ada post sendiri tentang ini, scroll down aja)

4. Belajar!
Banyak hal yang harus dipelajari tentang ASI.saya beruntung karena saat kuliah dan koas saya belajar tentang ini. Apa cukup? Tidak. Masih banyak yang harus saya pelajari. Bagaimana menyimpannya, kapan keluarnya, apa itu LDR, kenapa warna ASI bisa beda awal dan akhir, apa yang bisa membuat drop,bagaimana memerah, bagaimana menyimpan, bagaimana menghangatkan,dll

5. Belanja
Mau tidak mau, dan pastinya asal ada uangnya pasti mau, harus beli persiapan menyusui. Barang yang perlu dibeli meliputi: pompa asi, bra menyusui, breastpad, botol/cup feeder, botol/plastik asip, sterilizer. Untuk working mom tambahannya :  apron, coolbag, icegel, freezer. 

6. Yakin
Yakin pake banget kalo Allah sudah mengatur semuanya. Yakin Allah sudah mencukupkan. Yakin ASI nya cukup! Mau anaknya cowok kek, ASI nya cukup! ASI itu sesuai demand. Jangan nyerah duluan.

7. EdukASI orang sekitar
Saat kita ragu dan down, cuma mereka yang bisa menguatkan. Saat mereka malah berbalik ke susu formula, saat itu juga kita makin galau. Yakinkan mereka dan mohon mereka membantu dan memberi saran HANYA jika diminta. Terutama suami dan mama. Like seriously, you have many things going on your head already, you need not critisism they call advices. 

8. Makan enak.
Maksud saya makan makanan bergizi. Hihi. Kualitas dan kuantitas ASI ibu dipengaruhi oleh asupannya. Dan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat! 


Goodluck persiapan ASI nya buibu! 
Sekali lagi doain Hanara bisa S3 ASI dan S3 beneran ya. Jadi Doktor Hanara. *yaampun masi lama banget*

2 comments:

  1. Kak ichaaa, meskipun stand by di rumah, apakah mesti tetep pompa ASI? Alasannya?
    Terimakasiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kayaknya saya udah pernah jawab dimana ya? Lupa.
      Di instagram ternyata,, hihi

      Mestiii,, karena kita ga tau apa yang akan terjadi nanti. Apa kita akan terus sehat, apa asi akan terus lancar. When you have ability to save some, than save it for later. Ibarat tiap mau adain acara harus siap "dana tak terduga".

      Ga tau juga kan kapan si ibu perlu ninggalin anaknya dirumah biarpun sebentar.

      In my case, harus pompa karena pas awal PD penuh terus jadi sakit kalo ga dikosongin. Dan hana ga suka aliran asi deres sampe sekarang, langsung bete dan ga mau lanjut mimik, jadi harus saya kurangi isinya dulu kalo lagi penuh.

      Delete