Sunday, August 21, 2011

Ms. A, skizo paranoid

setelah luamaaaaaaaaaa berkutat dengan data2 medrek dan sedikit imajinasi, akhirnya alloanamnesis untuk ujian saya selesai. very very RAW btw, besok harus diperbaiki..

RPP Ms.A

Allo : Mr.S /50th/petani/tamat SD/ayah kandung/rantau panjang

Sejak 4 tahun yang lalu, setelah keinginan os untuk melanjutkan sekolah tidak disetujui oleh ayah OS karena alas an keterbatasan biaya, perilaku os mulai berubah. Os menjadi lebih pendiam, sering melamun dan menyendiri. Os juga menjadi jarang keluar rumah. Os merasa ketakutan, karena itu os selalu memastikan pintu rumahnya terkunci, menutup jendela-jendela dan mengintip dari lubang kunci pintu rumahnya karena os merasa ada orang hitam besar yang ingin menculik dan membunuhnya. Os berkata pertamakali bertemu dengan orang besar hitam itu di sawah saat membantu ayahnya. Keluarga os lalu membawa os berobat ke dukun, namun kelakuan os tidak berubah. Os masih dapat mengurus dirinya sendiri.

Sejak 3,5 tahun yang lalu, tanpa sebab yang jelas, os mulai sering mengoceh-ngoceh sendiri yang tidak dimengerti keluarga os. Kadang os tertawa dan menangis sendiri tanpa sebab. Os menjadi mudah curiga dengan semua orang disekelilingnya karena os menanggap orang-orang tersebut akan membunuhnya. Os menjadi lebih mudah marah dan tersinggung. Os merasa semua orang mengejeknya. Kemudian os beberapa kali mau meloncat kedalam sungai karena os sering mendengar bisikan yang berkata didalam sungai ada istana tempat tinggal os. Os juga pernah berkata ingin pergi ke gunung dempo untuk bertemu harimau yang adalah temannya. Os masih merasa orang besar hitam masih membuntutinya dan berusaha membunuhnya. Os mulai sulit tidur, dan hanya makan bila disiapkan. Os lalu dibawa ke RS ERBA dan dirawat inap selama 2 minggu, os kemudian pulang dengan perbaikan. Karena keterbatasan biaya, Os kontrol ke poli hanya setelah 1 bulan pertama, lalu 2 bulan setelahnya, lalu 7 bulan setelahnya.

2,5 tahun yang lalu, setelah 6 bulan putus obat, os mengamuk. Os melempar lempar barang. os semakin curiga kesemua orang, setiap ada orang yang tertawa, os merasa orang tersebut menertawakan dirinya dan os mejadi marah. Os tidak mau tidur dan makan sendiri. Os lalu dibawa ke RS ERBA dan dirawat inap selama 3 minggu, os kemudian pulang dengan perbaikan. Karena keterbatasan biaya, os tidak pernah kontrol lagi di poli.

2 tahun yang lalu, setelah 6 bulan putus obat, os mengamuk . os menjadi sering teriak-teriak sendiri. os menjadi semakin curiga dan merasa semua orang membencinya. Os tidak mau tidur dan makan sendiri. Os lalu dibawa ke RS ERBA dan dirawat inap selama 3 minggu, os kemudian pulang dengan perbaikan. Karena keterbatasan biaya, os control tidak teratur, kadang setiap bulan, atau minimal setelah 3 bulan.

Sejak 1 minggu yang lalu, setelah 3 bulan putus obat, os menjadi semakin sering mengamuk, melempar-lempar barang, mengoceh-ngoceh sendiri, teriak-teriak tanpa sebab. Os merasa semua orang mengejek dan membenci dirinya, lalu os akan marah, berteriak-teriak dan mengamuk. Os kemudian dibawa ke RS ERBA dan dirawat inap.

Riwayat hidup dan gambaran kepribadian premorbid

Bayi : lahir cukup bulan, spontan, oleh dukun

Anak : pendiam, tertutup, tidak begitu suka bergaul

Remaja : pendiam, tertutup, tidak begitu suka bergaul

R. perkembangan organobiologik

Tidak pernah menderita penyakit yang berat

R. Penggunaan alcohol dan obat2an terlarang

Riwayat mengkonsumsi alcohol dan NAPZA disangkal

R. pendidikan

SD : Tamat, tidak pernah tinggal kelas, nilai rata-rata

Os sangat ingin melanjutkan SMP tetapi tidak diperbolehkan orang tuanya karena keterbatasan biaya.

R. Pekerjaan

Os kadang membantu ayahnya di sawah, tetapi setelah mengalami perubahan perilaku, os lebih sering mengurung dirinya dirumah.

R. Pernikahan

Os belum pernah menikah

R. Sosioekonomi

Os tinggal bersama orang tua os. Biaya ditanggung oleh orang tua os yang bertani dan sesekali kiriman dari kakak-kakak os.

R. Keluarga

Os merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara. Kecuali os, ketiga saudara os memiliki status special.

Pola asuh : Ayah os mengaku memperlakukan semua anaknya dengan adil

Hubungan antar saudara : os berhubungan baik dengan saudara-saudaranya dan mengaku menyayangi mereka

Hubungan dengan orang tua : os sering merasa ayahnya jahat …..

R. gangguan jiwa dalam keluarga disangkal

No comments:

Post a Comment