Wednesday, August 12, 2015

Kimchi fried rice

kimchi geran beokeumbap
Lagi banyak banget PR nge-blognya,, abis pulang dari aceh aja harus 2 post sendiri karena kerjaannya makan aja. sampe naik 2kg dalam 3hari 2 malam. Tapi akhirnya post ini duluan yang diselesain. Lebih mood aja. hehe.

Ceritanya siang kemarin aku kelaperan, terus buka tudung saji ga menarik banget, jadi mikir bikin ini aja deh. Salah satu masakan favoritku, karena gampang, segala bisa masuk, dan pasti enak. PASTI.
kemungkinan aku gagal bikin nasigoreng itu hampir 0%. bukan sombong, tapi emang mudah banget kan? kurang pas rasanya tinggal tambah gula garem, atau kecap dan saus sambel kalo kepepet, which is hampir tidak pernah.

INi beneran masakan yang semua orang bisa, mampu, dan suka. belum pernah nemu orang yang ga mau makan nasi goreng sih. hihi.
Daaan, bisa buat ngabisin sisa lauk juga. just named it, you can put almost everything in your friedrice. Jadi aku kalo lagi pengen masak sendiri nasgor, pasti cek kulkas dulu ada sisa apa, ikan atau ayam sisa bisa disuir2, tahu tempe masak apa aja tinggal dipotong kecil2, sayuran tumis bisa dimasukin, sambel ulek malah lebih enak ga susah ngulek lagi apalagi kalo udah pake terasi. nearly EVERYTHING, termasuk kimchi!

kimchi

nah ini foto kimchinya dalem box. itu kimchi sawi, lobak dan timun yang aku campur jadi 1 karena males banyak tempat kotor, kulkas penuh. kemaren beli 8 ons totalnya, kirim dari Jakarta pake JNE YES. untung ga pecah, soalnya order pertama sebelum ini pecah jadi kuahnya kurang. kan dedek ngerasa rugi. Tapi kali ini ga pecah wrapping bubble nya. kenapa order lagi? karena yang lama abis dan aku suka rasa kimchi dari sista ini, jadi biarpun sebenernya IGnya annoying banyakan iklan, tetep dibela2in follow. 

potong kimchinya into bite size

Pernah beli kimchi bungkusan yang dijual di hypermart, ga suka, ga enak. Mungkin kimchi ini rasanya udah di Indonesiain, ntahlah, enak aja.

Daripada banyak cincong, mari langsung mulai aja masaknya.
Bahan:
Bahan
1. Nasi !
 (sebenernya bisaloh bikin nasgor langsung dari beras pake magicom, liat di tipi, tapi magicom dirumah gede banget ih, kebanyakan, cuma sebenernya kapan kapan pengen coba sih)
2. Bawang merah : Bawangputih (3:2)
ini kira2 aja sih, berhubung aku cuma nimbang bahan masakan buat kue doang, sisanya kira2, jadi ga bisa kasi angka pasti, cuma kira2 gini, tergantung kamu masak apa dan mau rasa apa yang dominan, buat semua yang "ala ala chinese food" yakinlah bawang putih harus lebih banyak dari bawang merah. misal capcay, cah kangkung. nah buat nasgor, bawang merah yang dominan.
boleh diulek kalo mau, atau langsung pake bawang giling, tapi aku lebih suka dicacah halus, alesannya? karena aku suka crunchiness of them daaan aku suka cacah2 bawang ala chef di TV, berasa keren aja gitu. hhihi
3. Cabe
sesuka hati aja, kira2 mau seberapa pedes. tambah terasi enak juga (tapi jangan terasi sama kimchi, kan terlalu cross culture)
4. Telor.
what's nasgor without an egg, berhubung buat makan sendiri, males dadar atau ceplok terpisah lagi, jadi aku cemplung ajalah kedalem nasinya.
5 KIMCHI!!
the highlight of the dish!
aku pertamanya liat di drama korea (oh yeah emang ini raissa kebanyakan nonton kdrama)terus jadi beberapa kali bikin.

How to make
1. Lelehkan margarin


2. tumis bawang dan cabe sampai harum


3. Masukkan telur, adukaduk hingga telur matang


4. Masukkan kimchi yang sudah dipotong kecil, dan sedikit airnya.
kira2 aja pokoknya


5. Masukin nasi deh


6. masak sambil terus diaduk sampai nasi sedikit terbakar biar krispi dan jadi "bau asep"
tambah gula dan garem, cicip sampe rasanya pas


kata mama, pantang banget cewek masak nasi goreng masih ada nasinya yag putih ga kena bumbu nasi gorengnya. jadilah aku kalo bikin nasgor selalu memastikan warnany in perfect harmony *duilee*

garnish dengan udang goreng tepung + tumisan kacang panjang. VOILA!

nasi goreng kimchi telur ala chef raissa
jadi kan ini makan siangku, bagi 2 sama om sukri karena aku ga akan bisa ngabisin ini sendiri, terus sorenya suami pulang langsung aku liatin fotonya, dia langsung bilang "mauuuuuuuuuuu, ga nyisain buat suaminya lagi,, jahat beneeerr". :P
besok2 dibikinin lagi ya sayang, gimpil ini sih. hoho

No comments:

Post a Comment