Wednesday, August 12, 2015

Kuliner aceh

for me, liburan means MAKAAAAAN MAKAAAAN.
pokoknya apalah arti keluar kota tanpa wisata kuliner. dan seriously, i am a well-prepared food-travelller. Jadi yang selalu aku lakuin tiap sebelum berangkat kesuatu kota baru adalah cari tau tempat makan favorit disana, makanan yang wajib dicoba, dimana belinya, apa oleh2 makanan yang harus aku beli, gitu deh. Caranya? tanya temen atau kenalan yang orang sana, atau pernah kesana, dan yang pasti tanya om google.
Sebelum berangkat ke aceh, seperti biasa ritual googling (dan instagram) dimulai dengan keywords : "kuliner aceh, kuliner wajib aceh, makanan yang harus dimakan di aceh, kuliner sabang, 10 kuliner wajib sabang, makanan khas aceh"

Saya ga coba semuanya memang, karena sebagian besar hasil googling itu lauk2 buat makan nasi. tapi lumayan udah cicip banyak hal. Maybe bcoz when i grew on my mom's womb, she ate acehnese food and somehow it run to my apetite,  i dont know, but it suit my tastebuds. enaaaaaaaaaak. Beberapa terlalu greasy karena pake santan, which i dont really like harusnya, tapi ternyata pas dimakan enak. (aku ini orang yang lebih suka sop bening daripada sop santan, lebih suka soto bening drpada soto santan, dan ga suka gulai sayur nangka dirumah makan padang)

Oke banyak cincong, lanjut ajalah. ini makanan yang aku cicip selama disana. like a freak foodies, sebeum makan foto, selaper apaun, pokoknya foto dulu.

Banda Aceh
1. Mie Aceh Kepiting di Mie Razali + es teh tarik

mie razali

Begitu sampe, setelah city tour dan solat di masjid makanan yang paling pertama kai datengin adalh mie razali. Mungkin semacem "kalo kepalembang mampir ke mie celor 26 dong". padahal banyak tempat jual mie celor lain, sama juga, banyak mie aceh lain, tapi kami ke mie razali. dan karena aku turis, emang menurutku paling benerlah dateng ke tempat yang paling terkenal. (kao ke makasar orang makan mie titi, padahal mie awa lebih enak).
Besarlah ekspektasiku waktu itu, dan kecewa. padahal itu aku laper bangeeet, ternyata ga terlalu enak. enakan mie aceh yang dipalembang malah. dan kepitingnya ga seger, alergi ku sampe kambuh.
Jadi ini kan aku pesennya mie kepiting, disajiinnya dengan piring yang dilapisin daun pisang tua, terus dikasih condiments acar bawang merah, cabe rawit utus beberapa biji, setengah jeruk nipis dan emping 4 biji. Tapi kepitingnya oke sih porsinya, satu setengah badan kepiting + 2 capit + cangkang.
zoom in mie razali
Liat foto diatas menggoda banget ya. sayang ga seenak keliatannya.

2. Mie Aceh basah cumi di Mie ayah
wefie sama pretty di mie ayah
Abis makan mie razali bapak2 ibu2 pada mau cari batu akik, which is kindda ga menarik buat aku, jadi aku janjian jalan2 dan makan2 sama salahsatu adik kecil dari amsa unsyiah, pretty! (she is as pretty as her name btw and oh yeah i love amsa sooo much)
emang udah niat harus coba minimal 2 warung mie aceh si, hasil googling bilangnya mie ayah yang enak, dan pretty juga bilang bagi dia mie ayah paling enak. so here we were~
abis nanya ke dhiba juga (dan baca beberapa orang si sosmed bilang) mie midi juga enak, tapi belum sempet nyobain, kapan2 ah. 

mie ayah cumi
Fotonya keliatan kayak ulet2 ditanah ya. hihi. tapi ini enaaaaaak. dan cuminya lumayan seger, harganya juga murah. ini nulis sambil nelen liur. aaaa enaaaak.

kalo ditanya apa beda mie aceh dan mie jawa, aku akan jawab, warnanya beda satu merah satu coklat, rasanya jelas beda satu pedes dengan dominan rasa rempah, satunya manis dengan dominan rasa kecap. tapi duaduanya enak. im a noodle lovers. dan aku bukan satu dari banyak orang indonesia yang menganut keyakinan "makan itu harus nasi". my most fave noodles adalah udooon. OMG gyu niku udon itu enak banget buat aku. aku kurang suka ramen, mienya tipis banget.

3. Martabak aceh di depan hotelnya pretty
dont ask me where in detail, i have no idea. senengnya ada temen amsa disuatu kota adalah, aku bisa minta ajakin makan tempat enak, ditemenin, dikasi tau yang mana yang paling enak. senangnya.
therefore, kalo ada anak amsa yang ke palembang, make sure to let me know, i'll be honour to be your personal food-guide merangkap driver. :)

wefie lagi sama martabak
ini bentuk tipikal warung kopi di aceh, simpel banget, modal kopi, meja kayu, kursi plastik, makann2 kecil, ruangan kosong, wifi, udah. YAng satu ini kursinya "belesek" gitu, tapi ternyata pas didudukin enaak, aku sampe rasany mau bawa pulang satu buat nonton tv dirumah. kata pretty rata2 warkop disini pake kursi ini. dan begitu jam 10an, cewek2nya hilang dari peradaban, masuk rumah. cool!

martabak aceh
ini salah satu makanan fave ku yang baru. yakin bisa bikin sendiri juga. basically ini cuma roti canai atau adonan telur-gandum which my dad calls "pempek lumbuk" yang dikelilingi telor dadar dengan bawang dan daun bawang. done. gampang banget.

4. RM Hasan untuk semua lauk pauk sebelum pulang
sebenernya makan kesini sebelum pulang, tapi aku letakin sebelum makanan disabangbiar per wilayah.pokoknya kalo ke aceh harus makan disini! lengkap banget! dan smeuanya enakkkkk. mungkin air kobokannya juga enak. i was swallowing until all of them squeezed just below my vocal cord. cant even talk. haha.
pli'u

udang goreng
gulai ikan kayu
asem kambing

gulai kepala ikan +ayam tangkap
definitely worth a visit (or two)!
ini semacem kalo kesurabaya aku HARUS mampir ke sate klopo ondomohen.

cerita dikit tentang lauk fave di aceh, si ayam tangkap. Jadi ayam tangkap itu adalah ayam muda perawan *halah* yang digoreng garing bareng sama dedauanan setelah sebelumnya dibumbui. itu ga tau juga sih daun apa aja, yang pasti daun kari. daunnya bisa dimakan juga, trus kita jadi harus tangkap ayam ditengah semak2 belukar ini deh, makanya namanya ayam tangkap. karena ayamnya muda dan kecil, jadi garing dan gurihnya enak. agak terlalu asin buat di gado sih, enaknya pake nasi plus cocol kecap. nyaaam. maknyuuuussss

Sabang
1. Rujak aceh di kilometer 0
rujak aceh

katanya sih, kalo ke kilometer 0 harus bei rujaknya. cuma kios2 pinggiran gitu sih sebenernya, tapi ini rujak khas aceh pake rumbia didalem kuahnya. (rumbia itu buah sagu kata ibu yang jual). rasanya enak, tapi biasa aja, i mean, helo ini rujak, jauh amat ke KM 0 lagi kalo cuma pengen rujak. tapi enakan ini daripada rujak cingur.

2. Ayam tangkap, ikan mujair dan nila, lalap, cah kangkung di restoran taman wisaa putro ijo
ikan mujair saus nanas, ayam tangkap, tempe, capcay
es timun
Makanan disini juga enak semuaaaaa. Paling fave ayam tangkap. My first ever ayam tangkap, dan setelah ini jadi jatuh cinta sampe bilang ke mama "mom, kita harus bungkus ayam tangkap buat bawa pulang besok!"dan ini es timun kebanyakan air, hambar.

3. sate gurita!
sate gurita

ini nih katanya makanan wajib di sabang. dan alhamdulillah kami bisa coba ini di resort, ga perlu ngerengek2 minta cariin lagi. rasanya mirip cumi2 sih, kenyal2 gitu *yaiyalah* terus dikasih kuah kacang ala sate biasa. gurih gurih kenyal enak. nom nom.

4. Ikan laut bakar, lalapan, sambel diresort
makan malem raissa

jadi itu kan aku ambil lalapan selada, trus aku makan ikan dan nasi dan sambelnya di wrap ala ala orang korea makan daging gitu, dan kerasa enaaaak banget. mungkin bawaan kelaperan abis snorkling kali ya.

5. edamame nya orang sabang
kacang kedelai rebus
aku kira ya edamame itu beneran cuma ada dijepang sampe akhirnya ke sabang dan liat ini. terus nanya sama tante disini, katanya ini kaxang kedele. so edamame = kacang kedele indonesia ukuran jumbo.



dalemnya si kacang
Makanan aceh enak2 ih. mau kesana lagi suatu saat. and i like the "islami" athmosphere. semoga dipanjangkan umurnya dan bisa kesana lagi, sama mama papa afif ayu, kak aidyl dan anak2 kami nanti. amiiiin

No comments:

Post a Comment