Saturday, May 9, 2009

tuberculin test part 1(akhirnya nyuntik juga)

ada yg udah pernah tuberculin test alias mantoux test alias tes TBC??
ini gw kopi sedikit penjelasannya,

A tuberculin skin test is done to see if you have ever had tuberculosis (TB) (Mycobacterium tuberculosis). It is done by putting a small amount of TB protein (antigens) under the top layer of skin on your inner forearm. If you have ever been exposed to the TB bacteria, your skin will react to the antigens by developing a firm red bump at the site within 2 days.

The Mantoux skin test uses TB antigens called purified protein derivative (PPD).

How It Feels

You may feel a quick sting or pinch from the needle.

*****

quick sting or pinch????

boong besar!!

buat orang2 yang mau tes ini, gw saranin siapin mental anda karena "Injection intracutan so much painful compared to intramuscular"!!

adalagi, buat temen2 mahasiswa kedokteran yang kira2 bakal latian saling suntik buat tuberculin test, gw saranin buat jadi probandus pertama aja,

  1. yg nyuntik dokternya >> terjamin
  2. pake PPd aseli bukan pake aquades!
emang kanapa kalo pake aquades????
silahkan anda lihat video yang gw rekam dan udh di upload amir di Fb nya ini:
http://www.facebook.com/video/video.php?v=1149492251526&ref=mf

perhatikan dengan seksama,,
eeng nagis disuntik etha! sebelumnya etha nangis disuntik eeng!
dan denger juga backsound zahra nyari mangsa, gw sok mistis, dan kak sakin..hmm..
penderitaan baru dimulai ketika tetsan aquades itu masuk..

tapi eng, mending kita coba, trus tau sakitnya, dr pada ngabur ga nyoba sama sekali, at least we're not chicken..ya ga?? hehe

pake aquades lebih sakit dari pake ppd!

huh,,nyesel gw,,,sumpah! yang ga kebagian PPD disuruh pake aquades! jadi siallah gw dengan make aquades!
tapi namanya juga blajar, kalo ga gini, gw ga ada crita ke anak cucu,,haha

siapa orang yg mendapat kehormata gw suntik untuk pertama kalinya???
the winner is...AMIR SYAHMI
mahasiswa asal malaysia yang menjabat sebagai manager voli putri, anak malaysia dengan keturunan jawa, pernah menjadi tour guide gw dan temen2 di malay, anggota AMSA Unsri yang rajin, dan teman bermain dan belajar gw ^^!
selamat mir..selamat..

gw nyuntik amir nih.
si ibu dokter bilang, "wah bagus nih, bener tgitu cara nyuntiknya"
ahiii,,,
gw tanya amir," sakit ga mir?"
amir, "ya lumayalah"

oh oke lumayan

as a reward karena udh relain tangannya buat gw jamah (jaaah..haha), gw kasii dy kesempatan pertama orang non(oke bukan non, tapi ini NOT.YET)dokter yang nyuntik gw...seneng ga mir??
awalnya dy ga tega, tapi sepertinya rasa penasaran mengalahkan ke-ga-tegaannya..hehe

jarum kecil dengan tembereng ngadep atas itu masuk ke kulit gw yang indah, nyep..
gw bergumam dalem hati, "oh gini doang??? anak2 yang lain seru banget tadi jerit2 sama meringisnya"

trus, mulailah air itu masuk ke kulit gw,
"ASFYTDFJFJKHGJLKGKUDUFKKUFUDYKJGUKGKUFJHDGDHGDJGSDFDNHGKGJUGJU"
HUAAAA!!! vkjhkjfkfi6*&%^^(*)(*$%RYFJGLKGOIT*&%(*
argghhhhhhhhhhhhh...gila gila perih banget!!!
stop it! stop it mir!!
dokter yusmala sama ibu-dokter-residen ampe ketawa2 ngeliat gw,,
kompensasi tubuh gw terhadap rasa sakit keluar (baca:tetesan aer mata-bukan cucuran kayak eeng, etha, dan indah,,hahah-).

sumpah sakit!!
huhuhuhu

btw, buat yang ga tau,

tes ini biasa dilakuin di intracutan lengan kanan bawah, polar 1/3 tengah dengan menjauhi pembuluh darah.

setelah itu malah pamer2 dengan bangga gw tapi,,haha..
trutama sama orang2 dirumah, eh sama nidya dan tia juga..haha

liatlah kopi susu dibawah ini

ahi...hasil suntikan gw dan tangan gw yg disuntik..ada namanya..haha

2 comments:

  1. terharu aku chut!!!
    hahaha...
    harusnya masuikin foto aku juga dong..
    hahaha

    ReplyDelete
  2. hahaha..
    sama2 mir..
    males ah masukin fotomu..
    ntar banyak yang nanya nomer hape Xp

    ReplyDelete