Monday, June 1, 2009

SoCa blok 12, Pneumonia

Ini soca paling tenang yg pernah gw alamin,
biasanya pagi sebelum soca, aura ujian berasa banget didiri gw,
mual mual, males makan, keringet dingin, eksresi jadi luancar, bangun pagi dgn baiknya.
tapi hari ini berasa beda,
gw bangun pagi dengan males2an, ngantuk, pengennya tiduuur lagi aja,
makan dengan nafsu menggebu,
eksresi dengan biasa aja,
pokoknya kayak hari2 biasa, ga ada aura ujian sama sekali.
mana gw ga nambahin apa2 dikertas ringkasan SOCA yg dibuat bareng anak2, biasanya kan selalu adaaaaaaaaaa aja yg kurang.
sampe kelas juga ga nambah banyak hal, paling cuma nulis mekanisme yg lebih bagus,

firasat ga bagus nih
eng ing eng, gw dipanggil urutan ke2!
trus as usual, sebelum ambil scenario HARUS baa Bismillah, dan itu gw lakuin kok,, sumprit!
dan gw dapet ase 3.

gila, gw stress banget abis megang scenario..
baca sekali,
ini pneumonia kayaknya.
baca lagi,
eh apa iyta ya?? kok kayaknya ringan gini..apa asma? tapi demem trus ga ada riwayat recurrent nya.
ah pasti pneumonia nih

cling, ada nyi2ng,
"kasus brapo nying?"
"3"
"apo WD nyo?"
"COPD caknyo"
"hah srius??? pneumonia dk si"

baca lagi,
eh apa COPD ya?? tapi ini kan anak kecil, ga ngerokok (pastinya, 3 taon bo). tunggu tunggu, apa TBC yg belom priksa AFB aja?? (dgn bodohnya gw lupa kalo TBC itu kronik, sedangkan pneumonia itu AKUT!!! huhu)

cling cling, pssst, tanya nying lagi,,
"apo jadi nying?"
"iyo pneumonia caknyo"
"okeh"

setelah kebimbangan panjaaang, baca skrinning semua slide ringkasan yg ada, dan pertimbangan matang, gw mutusin ini PNEUMONIA.
apapun yg terjadi gw ga bakal ganti lagi! biarlah kalopun salah gw terima! biar aja gw dibantai sama penguji!
kalo ga mutusin gini, gw ga kelar2, ntar malah kacau semua!
huuuf..
the choices has been choosen!

dan setelah selesai bikin flip chart buat persentasi, gw baca2 slide dr.yusmala lagi,,
dan gw jadi yakin 100% kalo ini pneumonia,,,horeeeeee!1 (kelegaan1)

masuk ruang 7,
JEGERRR!!!!
dr.yusmala (mama kiki primer) sama dr.aida !
arghghgh!!!!
emang si mreka smua baik2, tapi masalahnya bukan itu!
mana mati lampu lagi pas gw masuk. aura mistis, bikin bulu kuduk gw bediri (Xp..lebai)
dr.aida, ditengah kegelapan, "siapa namanya?"
gw, "Raissa dok"
dr.yusmala, "oh raissa anaknya Rizal"
[MAMPUS gw]
dr.aida, "nah iyo, anak Yulida"
[huaaa..mampus beneran!!! mama, papa, doakan ga malu2in kalian ya]

dan ini bener2 SOCA pertama gw yg pake bahasa Indonesia, ampe canggung sendiri..
ini gara2 tutornya tumben nanya mo pake bahasa apa, pas gw bilang "terserah tapi flip chart gw 2 bahasa", dia bilang "ya udah kalo gitu indonesia aja". Jadilah gw pake bahasa indonesia. And for sure, i dont like it. Omongan gw jadi kedengeran aneh ditelinga gw, "saya rasa sekian persentasi dari saya" "nama saya raissa, nomer nim saya 85" "terima kasih atas perhatian dan pertanyaannya" "ini beberapa term klarifikasi saya" "saya memutuskan untuk membagi menjadi 3 problem".

Sampe lah sesi tanya jawab, gw ditanya beberapa pertanyaan. dalem kurung jawaban gw.
  1. knapa di scenario ditulis "no immunization"? ["pengaruh ke imun dok"..ting tong..bener]
  2. risk factor kamu tadi apa aja? gimana dengan ASI? [ "ASI pengaruh ke sistem imunya dok, makanya saya tulis di prevention nya" (ngeles mode ON)]
  3. Kan kamu tau ada penyakit yg sangat sering di Indoneis, Apalagi yg perlu diperiksa? {ini mah gampang, masalah TBC, gw ahli,,haha "tubercullin test atau mantoux test dok"]
  4. Gimana kamu nyingkirin DD kamu yg asma? ["biasanya asma itu ada exposure facor" nya (maksud hati si pengen bilang predisposing factor ato faktor pencetus, tapi ntah kenapa gw beribet ngomongnya, jadi ngacau,,haha] faktor pencetus maksudnya? ["iya dok, itu maksud saya"] trus asma ada demam ga? ["ga ada dok"] oke
  5. Trus kalo TBC gimana kamu singkirinnya? [dweng, gw blank, knapa ya tadi diluar gw mikir lebih mungkin pneumonia dari TBC??? lupa! masa gw bilang karna ga ada tulisan tes AFB si? ga ilmiah banget! aseli gw blank!] mm..kalo pneumonia apa? akut apa kronik? ["akut"] trus TBC? ["kronik"] nah iya..
I like it aha aha.. ga gitu keliatan dodolkan ya gw hari ini, yaiyaalaaa..anak syapa dulu..Xp
salah2 dikit biasa, kan manusia, penuh kesalahan. hehe

udah selesai gw sempet2nya dinasehatin mamanya kiki buat ga megang apa2 pas persentasi. oke FYI, gw megangin tissue, pena ama marker sekaligus selama persentasi. haha..aseli lupa, biasanya gw tinggal diluar bareng perlengkapan perang lainnya (baca:kumpulan slide, buku, dan kotak pensil)

sumpah, gw takut SOCA ato OSCE sama dosen yg tau kalo gw anak mama papa gw sama kayak orang2 rtakut sama dosen2 killer. Bukannya apa, iya kalo gw dapet case yg gw bisa, aman. Lah kalo dapet yg gw ga bisa, ato salah, kan kasian mama papa gw ketiban malu kalo tiba2 ada yg bilang gini "eh ternyata anaknya rizal oon". aduuuuwwwww jangan sampe deh..Nauzubillah min zalik.
Ya Allah semoga aku akan selalu bisa ngelewatin SOCA sampe blok 22 dengan baik..amin

No comments:

Post a Comment