Thursday, June 4, 2009

Osce blok 12, respirasi

pagi ini aneh banget deh. Tiba2 sekitar jam 4.30 kali ya kebangun sendiri, ga ada angin, ga ada ujan, tiba2 aja gitu. Aneh..biasanya susah banget buat bangun..

Karna bangun pagi, jadi smpet baca2. Untung aja. gw dipanggil agak duluan tuh. Ribetnya, gw lupa bawa stetoskop, jadilah panik2 ga jelas, untung ada michelle, pinjem pnya dy deh..hehe
Thanks michelle^^
(sampe dlem ternyata udh disiapin, tau gitu gw ga pake panik2..huh)

jalan masuk keruang ujian..tadaaaa..
gw jalur 6,,menurut kabar burung yg bredar didalem tadi si pneumoni. Benarkah??? Keep reading..
-meja 1, anamnesis.
(makasii buat dkter yg jdi ibu pasien atas bantuannya..^^)
bayi 4bln, sesak nafas,
Oke kayakny bener nih pneumoni.
trus gw prasaan udh nanya bnyaaaaaaak bnget, tpi tetep aj kt dkterny masii kurang ttg sesakny. Aduwaduw..maaf ya dok, saya ga gitu pinter akting kayak angga (fyi, angga dibilangin gini sama dr.erial,"kamu bagus anamnesisnya, cocok jadi artis, pinter akting" wahahahhaha..dedek dedek,,ada ada aja..Xp)

-meja 2 pem.fisik.
Gw sm dkterny agk2 ad miss-comm diawal2, abs bliau ga jlas si, stlh kra2 30dtk, bru gw FAHIM mksdny, trnyta gw blom basabasi sm pasien..hehe..lupa dok..
Tapi makasii ya dok atas nilah 96nya..itu kurang perkenalan sm pasien kali ya..

Gini gini,
Kan gw maen ngoceh aja, "langsung aja ya dok?"
Dr."iya, langsung aja"
Gw, "pemeriksaan fisik dimulai dengan...."
Dr."langsung aja!?" (ini nadanya agak ga jelas dikuping gw, maksudnya pake tanda tanya apa tanda seru???)
Gw, "pemeriksaan fisik dimulai..."
Dr."langsung aja?!" (masii dgn nada yg sama, dan gw tetep ga ngeh)
Setelah yg ketiga kali gw baru ngeh kalo itu tanda tanya..yg artinya gw blom kenalan dulu sama pasiennya..haha

So far soooooooo GOOD

-Meja 3
radiology.
Skali liat, infilrtrate tuh (pdhl ngapal klo pneumoni ad infiltrate..Xp)..
Liat lagi, eh kayaknya ad yg aneh sm costae nya, kliatan trlalu opaque mnrut gw,, tpi bner ga ya?
oke mulai ngoceh,
-Cara2 bca radio torak >> lwt dgn baik
-infiltrate >> no problemo
-trakea normal >>
Stlah ngalur ngidul,
Tb2 ditanyain ttg sudut arcus fremitus(oke gw ga tw nmny dok)..
Dr.zul"ini sdut nya tumpul apa lancip?"
Gw,"tumpul"
Dr.zul"hah? Kamu dr ipa kan?"
Gw, "iya dok"
Dr.zul"jadi ini tumpul apa lancip?"
Gw, "tumpul dok, eh lancip"
Dr.zul"aduuh kamu ini gimana, blajar lagi ya"
Hahahha..aseli..sampe segituny, tpi emang sdutny tumpul mnrt gw, ga lancip kyak pencil,,aduuuw..
PERLU PRIVAT RADIOLOGI!!!!! Ad yg mw ngasih gratisan??

-meja 4
DD, WD, penatalaksanaan, counseling.
Oke, lancar kecuali bagian gw bilang dikasii cairan yg adekuat. Trus dr.yanti (yg ntah knapa gw kira namanya dr.yuli karena mirip bu yuli guru biologi SMA gw) nanya, "dikasih cairan apa?"
Gw, "hah? Mmm.." (Gw dlm hati mikir si dektrose sm NaCl, soalny tdi pagi kebaca, tpi ga yakin itu buat pneumo apa COPD,,aduuuw..)
Akhirnya gw dgn dodolnya bilang, "asi dok"
Wahahahahhaha..gw dodol banget, jelas2 dy ga mau makan udh 3hr..
Untung pas diakhir gw smpet bilang kalo nutrisi sm cairannya dimasukin via infus dirumah sakit.
Tau lah ya dokterny dgn mksd gw(apa coba)


Hmmm..not bad kayaknya OSCE kali ini..seneng..

No comments:

Post a Comment